jump to navigation

Tips Membeli Kamera DSLR untuk Pemula Februari 4, 2014

Posted by The Green Blog in Photography.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Mungkin bagi anda ada yang masih bingung dan bertanya-tanya mau beli kamera apa yang bagus, dikarenakan banyaknya varian dari jenis kamera DSLR. Daripada bingung yuk disimak tips berikut ini yang telah kami rangkum.

1. Kebutuhan Budget

Hitung dulu budget anda, namanya kamera yang khusus fotografi untuk hobi tidak akan ada batasnya lalu hal yang diutamakan adalah kebutuhan. Bagi pemula sebaiknya jangan memilih dan membeli kamera DSLR dengan budget yang terlalu mahal, cukup sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda untuk belajar fotografi. Disarankan untuk membeli kamera dengan harga standar dan fitur yang tidak terlalu rumit, sehingga dapat memudahkan anda dalam proses belajar fotografi. ketika anda sudah merasa mahir, silahkan pilih kamera yang lebih canggih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Sensor

Sensor dalam kamera terbagi menjadi 3 kategori, yaitu fullframe, APS-C dan Four-Thirds.

Sensor full frame artinya sensor kamera DSLR yang memiliki ukurannya sama dengan ukuran film pada kamera analog. Jadi apa yang terlihat di viewfinder, hasil fotonya akan sama seperti di viewfinder tanpa ada bagian yang ter-crop.

kamera dengan sensor APS-C memiliki ukuran sensor yang cenderung lebih kecil. Resikonya adalah, akan ada beberapa bagian foto yang hilang atau di crop karena ukuran gambar di sensor tidak sama seperti yang anda lihat di viewfinder. Keuntungan dari kamera ini adalah harganya yang murah dan body kamera yang terasa lebih ringan.

Kamera dengan sensor Four-Thirds, jenis ini sekarang paling populer saat ini. Dengan ukuran sensor yang lebih kecil dari sensor APS-C, maka ukuran body akan menjadi lebih kecil serta lebih ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan kualitas gambar yang dihasilkan pun tetap sama.

3. Resolusi Kamera

Jangan tertipu dengan resolusi kamera, resolusi itu adalah tingkat kerapatan titik-titik yang membentuk foto, umumnya kamera dengan resolusi 10 MP apapun jenisnya walau dicetak untuk ukuran banner pun tidak bakalan pecah-pecah detailnya. Kecuali anda mau membuat foto sebesar Billboard.

4. ISO

Fitur ini juga harus diperhatikan pada kamera DSLR untuk pemula. ISO sangat dibutuhkan untuk memotret pada kondisi cahaya minim atau di tempat gelap.

Iso mendeskripsikan kepekaan cahaya dari sensor. Nilai ISO tinggi di kamera berarti gambar yang dihasilkan akan terang. ISO tinggi sangat dipengaruhi juga oleh kualitas sensor kamera di DSLR dan juga fungsi noise reduction supaya hasil foto tetap berkualitas meskipun diambil di tempat yang minim cahaya.

Pada umumnya kamera DSLR bagi pemula tidak peka terhadap keadaan minim cahaya. Sebelum membeli, sebaiknya jangan terlalu fokus bahwa kamera harus mengambil gambar ditempat minim cahaya. Bila minim cahaya anda bisa menambahkan aksesories lampu flash.

5. Auto Fokus

Kehandalan, ketepatan dan kecepatan kamera melakukan autofokus terutama dalam cahaya rendah merupakan salah satu keunggulan kamera DSLR dibandingkan smartphone ataupun kamera pocket. Sebelum membeli kamera DSLR carilah info kamera yang mampu melakukan autofokus secara cepat dan juga memiliki titik AF yang banyak.

Komentar»

1. Yoshi - Februari 4, 2014

joss nih tipsnya
kebetulan lg pengin dslr

irfanazis2013 - Februari 4, 2014

terima kasih om yoshi… sama-sama belajar kita ya…

2. ipanase - Februari 10, 2014

baru nabungšŸ˜€

irfanazis2013 - Februari 10, 2014

pecahin tabungannya brošŸ™‚

3. Bonsai Biker - April 3, 2014

nyimak gan!

Irfan Desyadi Azis - April 4, 2014

monggo gan

4. Alasan Memilih Canon EOS 600D | The Green Blog - April 8, 2014

[…] artikel sebelumnya (klik disini) dimana ada 5 faktor yang harus di perhatikan, […]

5. Harga dan Spesifikasi Kamera Olympus Terbaru - November 1, 2014

Mantep, thx gan buat tipsnya.. jadi lebih mudah nih kalau mau beli kamera dslr nantinya.

The Green Blog - November 1, 2014

Senangnya berbagi Gan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: