jump to navigation

Alasan Memilih Kawasaki Ninja 150 L di tahun 2013 Februari 9, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

130414 03

Awal tahun 2013 perasaan galau menyelimuti saya. Sebagai penghobby roda dua, dengan tidak adanya kuda besi di rumah, hati terasa hampa. Sepeninggal Si Belang April 2012 praktis tidak ada lagi “mainan” di rumah. Oleh karena itu saya kepikiran untuk meminang jaran wesi walaupun sudah pasti bakal jarang banget di sentuh mengingat hanya dua kali dalam sebulan saya ke Jakarta karena saya bertugas di Singapore.

Dalam pemilihan jaran wesi kali ini saya gak mau asal pilih. Intinya gak mau kemakan iklan. Pilihan harus datang dari dalam hati dan gak peduli apa kata orang. Bahkan rumor standar emisi Euro-3 yang akan diterapkan Pemerintah bulan Agustus 2013 pun tidak saya gubris.

130316 01

Tetapi saya tidak fanatik buta, tentunya saya milih Kawasaki Ninja 150 L juga ada dasarnya.

1. Best Value.

Value disini saya melihat berapa harga 1 horsepower di bandrol Kawasaki untuk Ninja 150 L ini. Ternyata hanya +- Rp 850.000 sangat murah di banding kompetitor (tabel terlampir).

Best Value Motorcycle

2. Unggul dalam power to weight ratio.

Dimana Ninja 150 ini memiliki power 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM dan bobot 124.5 kg jadi didapat angka power to weight ratio 0.242. Ini angka terbaik untuk jaran wesi yang saat ini masih dijual di Indonesia.

http://ridertua.com/2011/08/04/peringkat-10-teratas-motor-dengan-torsi-dan-power-terbesar-di-indonesia-lengkap/

ptwr-motor-indonesia

3. Unggul dalam torsi.

Untuk urusan torsi pun hampir menjadi yang terbaik dengan torehan angka 21,6 Nm / 9.000 RPM.

http://ridertua.com/2011/08/04/peringkat-10-teratas-motor-dengan-torsi-dan-power-terbesar-di-indonesia-lengkap/

torsi-motor1

4.  Teknologi Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System).

Super KIPS adalah suatu system pemanfaatan katup yang mengatur penutupan dan pembukaan sebagian dari lubang pembuangan, agar pembuangan gas dari sisa pembakaran pada saat RPM tinggi dapat berlangsung lebih sempurna (katup membuka), sebaliknya juga pada RPM rendah akan menghindarkan terbuangnya campuran bensin-udara yang baru masuk ke ruang bakar dari karter (katup menutup). Katup ini akan berfungsi membuka pada saat RPM diatas 7000 hingga 8500.

0 sampai 7000 rpm : Katup KIPS tertutup

7000 sampai 8500 rpm : Katup KIPS terbuka

Sehingga efesiensi konsumsi bahan bakar lebih baik (efesinsi volumetric) dan dapat menghasilkan tenaga yang stabil baik pada putaran mesin bawah maupun putaran mesin atas.

130414 07

5. Teknologi HSAS (High-performance Secondary Air System)

Tehnologi HSAS adalah sistem saluran yang menyuntikan udara bersih (O2) ke dalam chamber yang merupakan muara gas buang dari ruang bakar. Tujuannya supaya udara bersih (O2) yang dimasukan ke dalam chamber agar “bereaksi” dengan gas sisa pembakaran yang berupa CO (karbon monoksida) dan HC (hidroKarbon) yang kemudian akan di uraikan menjadi CO2 (karbon dioksida) serta H2O (air) yang ramah lingkungan dan tidak beracun oleh main catalitik converter. Dari sini dapat kita ketahui bahwa fungsi dari HSAS ini hanyalah membantu engine baru Ninja 2 tak agar dapat memenuhi standard Euro-2 yang di terapkan Pemerintah sejak akhir tahun 2006 yang lalu dan tidak ada pengaruhnya terhadap performa motor Kawasaki Ninja 2 tak Euro-2.

Karena secara teknis tehnologi HSAS ini berkolaborasi dengan Super KIPS pada Ninja 150. Hanya pada saaat putaran mesin rendah saja katup HSAS membuka dan menyalurkan udara segar kedalam “Exhaust Chamber” sehingga membentuk campuran gas buang yang padat oksigen.

Dan sebaliknya pada putaran tinggi katup super KIPS akan membuka dan katup HSAS akan tertutup sehingga tehnologi HSAS ini tidak berfungsi lagi.

130414 24

5. Pengaplikasian setang jepit yang dapat memberikan sensasi balap.

130414 32

6. Suspensi belakang sudah monoshock suspension

7. Rem belakang sudah rem cakram twin port

130414 11

8. Liquid cooling system

Dengan segala pertimbangan di atas maka April 2013 Kawasaki Ninja 150 L menjadi anggota keluarga kami.

130428 21

Top Posts:

Komentar»

1. ipanase - Februari 10, 2014

150 cc
terkencang saat ini
teririt untuk power 30 PS
kencanggg irit yo ini

irfanazis2013 - Februari 10, 2014

Setuju bro Irfan Luthfie….

x-g9 - Februari 10, 2014

brp om perbandingany

irfanazis2013 - Februari 10, 2014

informasi dari group FB Kawasaki Ninja 150 R rata-rata perbandingannya 1liter :30km. semoga berguna.

2. Cuci Mata di Dealer Kawasaki Sunter Jakarta | The Green Blog - April 21, 2014

[…] Pada kesempatan ini tidak TGB sia-siakan untuk mampir ke PT. Karya Semesta Investama direct dealer 3S yang beralamat di  Jl. Griya Utama Raya Kav. 6-8 Sunter Kemayoran Jakarta tempat dimana TGB memboyong Kawasaki Ninja 150R (klik disini). […]

3. HR3 Bracket untuk Suzuki Satria FU Kini Sudah Berpindah Kepemilikan | The Green Blog - Juni 3, 2014

[…] Kebanyakan dari mereka berfikir bahwa bracketnya bakalan nganggur pasca dijualnya Si Belang (klik disini) dan juga mereka berfikir bahwa TGB sudah ganti jaran wesi (klik disini). […]

4. ninja150ss - Juni 8, 2014

boleh mnt CP om? pin bb,no.tlp / apa deh…
sesama pecinta foging piston blh kn qt lebih akrab?

Irfan Desyadi Azis - Juni 8, 2014

silakan om… monggo di lihat di about, contact information dan social media di https://irfandazis.wordpress.com/

5. wongserut - Agustus 12, 2014

manteeep punya ane juga 2013 yakk

kurang lebih sama om pertimbangannya pas ane mo beli dulu, lebih berorientasi kemesin pokoknya

The Green Blog - Agustus 12, 2014

mesinnya emang aduhay…. sampe gemeter dengkul…

wongserut - Agustus 13, 2014

Bener om kalo pengen merasakan sensasinya di 4tak perlu duit lebih

The Green Blog - Agustus 13, 2014

yesss benar…. lah wong pengganti Ninja 150 RR aja harus naik kelas jadi Ninja RR Mono yang 250 cc untuk ngimbangin power Ninja 150 RR…

wongserut - Agustus 13, 2014

Naah itu
Harga & perawatan juga nambah

The Green Blog - Agustus 13, 2014

yup… salam 2 tak…🙂

6. komentator - Agustus 18, 2014

ingin menambah power 4 tak setara 2 tak memank tidak mudah dan tidak murah, yg paling mendasar mungkin penambahan silinder utk bisa ngejar power yg sama dengan cc yg sama. tapi patut di ingat di produksi nya motor 4 tak bukan utk mengejar power semata melainkan mengejar efisiensi pembakaran yg optimal (irit) dan ramah lingkungan. sama hal nya klo kita mengejar efisiensi pembakaran dan ramah lingkungan dari motor 2 tak bukan suatu perkara yg mudah dan murah. sudah jelas buktinya aprilia rs125 di eropa salah satu motor 2 tak yg masih produksi demi mengejar euro3 aprilia menggunakan sistem injeksi namun harganya? matikipe broo utk ukuran motor 125cc (tapi power nya nampol abis bro).. dan utk kawasaki sendiri bukan perkara mudah mengakalinya mereka harus menambahkan sistem HSAS dan catalys di knalpot ninja hanya utk medapatkan standar euro2. Jadi sebenernya klo membandingkan 2 tak dan 4 tak itu tidak bisa dinilai dari 1 sisi saja karna kedua mesin ini yang “dikejar” dua hal yg berbeda masing” punya kelebihan dan kekurangan. yg 1 ngejar power yg 1 ngerjar irit dan minim polusi gas buang.

The Green Blog - Agustus 18, 2014

Joss… komplit bener commentnya… mantap!

7. destinasi wisata lombok - Agustus 25, 2014

I will right away seize your rss feed as I can’t find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service.
Do you’ve any? Please allow me know in order that I could subscribe.

Thanks.

The Green Blog - Agustus 27, 2014

you just click Follow Blog via Email at the main page…

8. java36 - Oktober 1, 2014

Sayang nya gak ada 2tak brand lain buat pembanding

The Green Blog - Oktober 1, 2014

saat ini iya gak ada pembanding… jadi kalaupun di banding gak apple to apple…. which is gak valid lagi…

9. sekedar komen - Oktober 1, 2014

sebenar nya saya pribadi ada keinginan ambil motor 2 tak terakhir di negeri ini cuma seperti kegalauan kang green blog di awal masalah sparepart karna janji dealer utk sparepart selama 10 tahun tu sulit utk dipercaya ujung” nya tukar informasi ke club ujung”nya lagi kanibal part lagi kang

The Green Blog - Oktober 1, 2014

kalau masalah spare part semoga kawasaki menepati janjinya untuk mensupport sampai tahun 2025.

10. Ninja Batam Club Berbakti Sosial di Panti Asuhan Miftahul Hasanah | Sing Indo - Desember 15, 2014

[…] Alasan Memilih Kawasaki Ninja 150 L di tahun 2013 (klik disini). […]

11. bapak penanya - Maret 5, 2015

Berapa harga nya si 2 tak ini mas, apa sama semua ninja 2 tak harganya…

The Green Blog - Maret 6, 2015

ada 4 type mas… harga sudah pasti berbeda-beda…

ninja SS
ninja R
ninja RR
ninja RR special edition

http://thegreenblog.net/2014/08/23/komparasi-fisik-kawasaki-ninja-150-series-5-tahun-terakhir/

Vino - Juni 2, 2016

Sekarang Berapa Harga Baru Kawasaki Ninja R 150 Cc Mas Green,,,

The Green Blog - Juni 2, 2016

Rp 29.600.000 OTR Jakarta dan sekitarnya… mas bro…

12. The Green Blog » Power Kawasaki Ninja 150R Tembus 23.73HP di Dynojet 250i Aerospeed Jakarta - September 29, 2016

[…] oleh artikel lawas IWB menceritakan tunggangan Si Igun dan juga karena delapan alasan lainnya (klik disini). Unit untuk di test sudah ada tapi TGB gak tau harus pergi kemana? Terima kasih kepada IWB sudah […]

13. The Green Blog » HR3 Bracket untuk Suzuki Satria FU Kini Sudah Berpindah Kepemilikan - September 29, 2016

[…] Kebanyakan dari mereka berfikir bahwa bracketnya bakalan nganggur pasca dijualnya Si Belang (klik disini) dan juga mereka berfikir bahwa TGB sudah ganti jaran wesi (klik disini). […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: