jump to navigation

Mengapa Harga Mobil di Batam Lebih Murah? Maret 9, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: , , , , , , ,
trackback

140308 13

Kota Batam bisa dikatakan sebagai surga bagi para pencinta automotif untuk berburu mobil, karena di tempat ini bisa ditemukan dengan mudah mobil keluaran terbaru dan tentu saja mobil bekas (second) impor dengan harga relatif murah.

Murahnya harga mobil di Batam karena pemerintah tidak memberlakukan PPN dan PPnBM terhadap mobil sehinngga harganya bisa lebih murah sekitar 20-30 persen dibanding daerah lain di Indonesia. Oleh karena itu, bagi sebagian besar masyarakat Batam, mobil tidak lagi menjadi barang langka, karena mudah didapat dengan harga murah.

Kemarin TGB mengunjungi pameran mobil di Nagoya Hill Mall. Kagetnya bukan main pada saat SPG menyodori price list Subaru. Sebagai contoh dimana Subaru Impreza 2.0i-S yang harga resmi Jakarta mencapai Rp 414 juta di Batam hanya Rp 230 juta. Bisa dibayangkan dengan harga Rp 230 juta di Batam sudah mendapatkan Subaru Impreza 2.0i-S sementara kalau di Jakarta dengan harga yang sama hanya mendapatkan Mazda 2.

Namun, sayangnya, meskipun bisa diperoleh dengan harga murah, mobil di Batam tidak bisa dibawa keluar Batam dan kalaupun harus dibawa maka si pemilik harus membayar pajak terlebih dahulu baru bisa dibawa keluar Batam.

Johanes, Pemilik showroom mobil bekas di Nagoya mengatakan, pihaknya mendatangkan mobil dari Singapura yang terdiri dari berbagai tipe dan model. Seluruh mobil yang dijual memiliki kondisi baik atau 100 persen sehingga meskipun dijual dengan harga murah, konsumen tidak perlu kuatir dengan kualitas mobil tersebut. Pihaknya sendiri bisa menjual 10 mobil dalam satu pekan.

“Rata-rata mobil yang dijual di tempat kami, harganya sekitar 50 juta sampai 100 juta tergantung dari model dan tipenya seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Mitsubishi Lancer dan lainnya” kata Johanes. Untuk pembayaran juga pihaknya memberi kemudahan dengan cara kredit.

Menurut dia, murahnya harga mobil di Batam selain disebabkan tidak adanya PPN dan PPnBM juga dipengaruhi faktor Singapura.

Di Singapura berlaku peraturan bahwa usia maksimal mobil hanya 3 – 5 tahun, setelah itu wajib pensiun.

Nah, di Batamlah pemilik mobil Singapura membuang atau menjual mobil2 bekas tersebut dengan harga murah. Mereka akan membuangnya ke Batam karena jaraknya cukup dekat, selain itu, kelengahan petugas atau aparat pemerintah juga menyebabkan mereka lebih leluasa membuang atau menyelundupkan mobil ke Batam.

Selain di jual dengan cara menyelundupkan mobil dari Singapura ke Batam, banyak juga pengusaha yang melakukan bisnis secara legal, dan harganya pun masih tetap murah.

Misalnya, untuk harga limo Mercedes Benz second di Singapura berusia 3 tahun hanya 150 juta. Jika kemudian mobil ini dijual lagi, harganya langsung drop sampai 60-70 juta. Harga Toyota Unser adalah 70 juta. Dan jika usianya sudah lebih dari 5 tahun, harganya akan semakin drop. Dan drop-nya tidak tanggung-tanggung.

“Mobil-mobil dengan usia 5-10 tahun hanya seharga 20-40 juta di sini,” kata dia.

Mobil-mobil murah dari Singapura itu berseliweran di Batam dan untuk mengetahui mobil tersebut dari Singapura bisa diketahui dari plat mobil tersebut.

Pemerintah memberikan huruf “X” pada huruf akhiran nomer. Misalnya nomer: BP 123 XA. Karena ada huruf “X”-nya, maka mobil ini berasal dari Singapuara dan tidak boleh keluar Batam. Sedangkan mobil tanpa huruf “X” bisa keluar-masuk Batam dengan bebas. Tetapi mobil tanpa huruf “X” ini berasal dari Indonesia dan berharga Indonesia , sehingga lebih mahal dari mobil-mobil bekas dari Singapura.

140308 15

Top Posts:

Komentar»

1. Maskur - Maret 11, 2014

sekali ke batam
mobilnya memang beda dari jakarta dan jawa lain

Irfan Desyadi Azis - Maret 11, 2014

iya om… banyak ex singapore…

2. sijidewe - Maret 11, 2014

nah ini yang bikin mlongo kalau ke batam.. banyak moge dan mobil mewah disana.. mana tidak kenai pajak mahal// tapi kalau mau bawa pulang ke jakarta siap-siap dikemplang pajak😆

Irfan Desyadi Azis - Maret 11, 2014

Betul… mantap bener disana… kalau di bawa keluar Batam harus bayar pajaknya dulu hehe…

3. abdi - Juni 26, 2014

klo di bawa keluar batam kena pajak brapa ya gan?

Irfan Desyadi Azis - Juni 26, 2014

tergantung mobil nya gan… kalau dibawa keluar batam sepertinya harganya jadi sama dengan yang di luar batam…

4. Harga VW Polo di Batam Sama dengan Toyota Etios Bahkan Daihatsu Sirion di Jakarta | Sing Indo - Mei 8, 2015

[…] Baca juga: Mengapa Harga Mobil di Batam Lebih Murah? […]

5. Fauzian Rizqi - Juni 25, 2015

kalo beli mobkas di sono terus bawa pulang ke Jakarta kena berapa ya?😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: