jump to navigation

Yamaha YZF-R15 The Phenomenon Maret 10, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

YZR R15 02

Setiap produk baru yang muncul pasti akan ada dampaknya terhadap produk lain yang sudah lebih dahulu eksis dipasaran. Salah satu produk baru yang akan muncul di depan mata adalah Yamaha YZF-R15. Beberapa rekan blogger sudah menganalisa calon harga Yamaha YZF-R15 melalui angka NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) yang bisa di akses secara bebas oleh publik dimana NJKB untuk Yamaha YZF R15 adalah idr 18.1 jt dan jika disimulasikan pakai angka 38% saja OTR masih 25jt… wow menarik nih untuk di bahas…

Di bawah ini TGB akan menjabarkan hubungan antara NJKB dengan OTR (harga yang di bayar konsumen).

NJKB + BBN KB + PKB + SWDKLLJ + BPKB + TNBK + STNK + X-factor cost (hanya produsen yang tau) = OTR

Menurut pendapat TGB pribadi banderol OTR yang cocok untuk Yamaha YZF R15 adalah idr 26.25 jt dimana penjabarannya seperti di bawah ini:

NJKB                         18,100,000

BBN KB (10% NJKB)   1,810,000

PKB (1.5% NJKB )          271,500

SWDKLLJ (idr 32rb)         32,000

BPKB (idr 80rb)               80,000

TNBK (idr 30rb)              30,000

STNK (idr 50rb)              50,000

X-factor cost              5,876,500 (ideal menurut TGB)

OTR                          26,250,000

Memang Yamaha dalam posisi sulit dalam menentukan harga Yamaha YZF-R15 tapi sangat logis jika Yamaha membanderol Yamaha YZF-R15 di kisaran idr 26.25 jt. Berikut analisa TGB kenapa angka idr 26.25 jt merupakan angka terbaik untuk banderol Yamaha YZF-R15:

  1. Cukup aman dari hadangan Kawasaki Z250SL yang disinyalir akan bermain di angka idr 30 jt an. Kalau banderol Yamaha YZF-R15 di atas idr 26.25 jt sama saja kalah sebelum perang…. amsiong namanya hehehe… Konsumen bakal liat ke Kawasaki Z250SL lah wong harga gak beda jauh udah dapet 250cc walaupun naked.
  2. Pasar Yamaha Byson juga aman sentosa karena terpaut cukup jauh dengan angka idr 26.25 jt
  3. Memang akan mengambil pasar Yamaha New Vixion Lightning dan Yamaha New Scorpio Z. Tapi gak apa-apa ibarat keluar kantong kiri masuk kantong kanan. Tapi yang musti di ingat pasar kompetitor juga pasti kemakan dan bukan hanya CB150R Street Fire saja melainkan, Kawasaki Ninja R, Honda Tiger dan Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS.

Nah disini keunggulan Yamaha, kantong kanannya bakal di penuhin sama calon pembeli motor yang sudah TGB sebutkan di atas. jadi ujung2nya Yamaha bakal memetik volume besar di market sport.

Agar Yamaha New Vixion Lightning gak kalah pamor, Sebenernya Yamaha bisa mengantisipasinya dengan beberapa hal. Misalnya dengan cara-cara seperti di bawah ini:

  1. Memberi discount dan bonus yang lumayan agar konsumen tertarik.
  2. Menaikkan value dengan menaikkan power 1hp dengan asumsi power Yamaha YZF-R15 tetap gak ikut naik. Jadi konsumen bisa memilih mau power ambil Yamaha New Vixion Lightning. Mau yang berjubah ambil Yamaha YZF-R15.

Kehadiran memang membuat meriang market motor sport 150 cc jadi wajar kalau Yamaha YZF-R15 ini dijuluki The Phenomenon.

Ini hanya pendapat pribadi TGB. Semoga bermanfaat.

YZR R15 01

Komentar»

1. potretbikers - Maret 10, 2014

kelama’an menanti😉

Irfan Desyadi Azis - Maret 10, 2014

iya ya bro… jangan sampe keduluan Kawasaki ER-2n aja… gak lucu kesalip 2x hehe…

potretbikers - Maret 10, 2014

nah maka itu,mas…masak kesalip kok 2x, itu namanya keterlaluan😉

Irfan Desyadi Azis - Maret 10, 2014

kebingungan rilis harganya kali mas… mentok atas mentok bawah… mumet…

potretbikers - Maret 10, 2014

hahaha, bisa jadi…😉

Irfan Desyadi Azis - Maret 10, 2014

Menurut Bro PB yang pas YZR-R15 di bandrol berapa?

potretbikers - Maret 10, 2014

diatas 25jt tapi tidak boleh lebih 30jt, hehehe

Irfan Desyadi Azis - Maret 10, 2014

Setuju mas… angka saya di 26.25jt… kalau deket 30jt… tiba2 ER-2n di 30.5jt amsiong dah…. sebenernya yg bikin kacau semua ini ER-2n kalau menurut saya….

2. warungasep - Maret 10, 2014
Irfan Desyadi Azis - Maret 10, 2014

Terima kasih masukannya bro WA

3. chakim92 - Maret 11, 2014

Mantapppp

Irfan Desyadi Azis - Maret 11, 2014

Thank you bro CK….

4. Yamaha YZF R15 Rp 28 Juta OTR Jakarta | The Green Blog - April 16, 2014

[…] artikel yang pernah TGB post sebelumnya (klik disini) ternyata tebakan TGB meleset Rp 1.750.000. Di artikel tersebut TGB menyebutkan angka terbaik […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: