jump to navigation

Ford Fiesta dengan Mesin Terbaik Dunia (EcoBoost) Mengaspal di Indonesia Maret 18, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Ford New Fiesta 12

Weekend kemarin tgl 16 Maret 2014, TGB mengunjungi Mal Kelapa Gading bersama keluarga dan secara kebetulan disana sedang ada pameran mobil dari beberapa ATPM sebut saja Ford, Honda, Suzuki dan Mercedes-Benz. Yang menarik perhatian TGB adalah pameran Ford karena penasaran ingin menanyakan secara langsung kepada salesman mengenai kapan launching Ford Fiesta terbaru bermesin EcoBoost.

Ford Fiesta Price List

Sesampai di booth Ford salesman langsung menyodori price list terbaru per 1 Januari 2014. Kagetnya bukan main ternyata disana sudah tertera tiga varian dari New Ford Fiesta EcoBoost dengan harga antara Rp 240.400.000 – Rp 280.400.000. Padahal yang TGB tahu produsen mobil Ford baru akan memperkenalkan Fiesta dengan mesin EcoBoost di akhir Maret 2014.

Dan yang lebih kagetnya lagi ternyata kalau Jumat tanggal 21 Maret ini sudah ada unit Ford Fiesta EcoBoost yang di kirim ke customer. Wah kok gak ada berita launching tau-tau nya udah nongol aja… Walah ketinggalan berita ini. Pantau media online hampir setiap hari nungguin berita mengenai EcoBoost ini ternyata malahan Jumat ini barang ada yang udah sampai garasi customer hehehe… kecolongan namanya… Gak apa-apa pada kesempatan tersebut tidak TGB sia-siakan untuk menanyakan lebih jauh mengenai Ford Fiesta EcoBoost.

Mesin yang menyabet gelar sebagai mesin terbaik di dunia pada tahun 2012 dan 2013 sudah masuk Indonesia. Di cangkok ke jantung Fiesta, mesin bernama EcoBoost ini membuat Fiesta tampil beda dan canggih. Tapi apa saja kehebatan mesin ini?

Memasuki generasi keenam, Fiesta tampil dengan satu varian tertingginya, Fiesta EcoBoost. Namun bila biasanya varian tertinggi di sebuah mobil menggunakan mesin berkapasitas besar, tidak begitu halnya dengan mobil Amerika yang satu ini. Sebab, mesin EcoBoost malah lebih kecil dari varian Fiesta yang ada sekarang.

Fiesta saat ini dilepas dengan mesin berkapasitas 1.5 liter atau 50 persen lebih besar dari mesin EcoBoost yang hanya berkapasitas 1.000 cc dengan tiga buah silinder.

Melihat kapasitas mesinnya, mungkin orang akan melihat sebelah mata. Mana bisa mesin 1.000 cc dengan 3 silinder bisa oke kekuatannya? Nah, Ford ingin anekdot ini terpatahkan dengan hadirnya Fiesta Ecoboost.

Lalu apa saja kehebatan Fiesta EcoBoost ini?

1. Eksterior

Ford New Fiesta 05

Sekilas memandang orang mungkin tidak akan bisa membedakan antara Fiesta standar bermesin 1.5 liter dengan Fiesta yang sudah mengaplikasi EcoBoost. Namun ada beberapa detail yang berbeda antara Fiesta standar dan Fiesta EcoBoost. Misalnya side skirt yang berbeda.

Ford New Fiesta 13Ford New Fiesta 14

Tapi, terlepas dari perbedaan minor antara Fiesta standar dan Fiesta EcoBoost tampak jelas kesegaran yang ditampilkan sebuah Fiesta. Sportifitas sebuah desain berhasil diselubungi modernitas.

Ford New Fiesta 10

Di depan, grille trapesium yang kini menjadi ciri mobil Ford tampak siap menerkam. Sekilas pandang orang akan teringat pada grille sebuah Aston Martin.

Ford New Fiesta 06

Grille besar itu kemudian berpadu padan di bagian depan dengan desain headlamp yang menyipit, tampak padu dengan garis desain samping mobil yang mengalir dari dekat roda depan hingga ke handle pintu belakang.

Ford New Fiesta 11Ford New Fiesta 08

Untuk tampilan luar, Fiesta mampu maju ke depan untuk pamer keunggulan desain bila dibanding hatchback Jepang yang menguasai pasar.

Ford New Fiesta 09Ford New Fiesta 07

2. Interior

Ford New Fiesta 23Ford New Fiesta 17

Masuk ke dalam kabin, para insinyur Ford mampu membuktikan kalau banyaknya tombol di tengah dashboard tidak akan membuat pengendara kesulitan, apalagi kebingungan. Di pisahkan oleh tombol volume dan AC, di deretan kiri pusat dashboard terdapat beberapa tombol mulai dari menu hingga fasilitas CD, radio, AUX, dan telepon.

Ford New Fiesta 22Ford New Fiesta 15

Sementara di sebelah kanan, ada deretan tombol layaknya sebuah ponsel. Ya, Ford memang ingin menampilkan kemudahan komunikasi ketika mengendarai mobil ini.

Ford New Fiesta 21

Karena bagi para pengguna smartphone ada fasilitas Ford Sync yang memungkinkan pengemudi atau penumpang untuk menjawab panggilan telepon atan memilih lagu dari gadget mereka yang terhubung ke mobil melalui Bluetooth dan USB.

Ford New Fiesta 20

Tinggal perintah, maka Ford Sync akan mencarikan berbagai hal untuk anda. Bahkan pengemudi bisa mendengarkan pesan teks hanya dengan perintah suara.

Ford New Fiesta 19

Di sisi lain, ruang lapang bagi kaki dan kepala membuat kenyamanan ekstra baik bagi penumpang dan pengemudi di deretan depan atau penumpang di deretan belakang.

Ford New Fiesta 18Ford New Fiesta 24

3. Mesin

SAMSUNG

Mesin EcoBoost dapat dinyalakan dengan menekan tombol start di kiri panel indikator. Dan mesin 1.000 cc dengan 3 silinder pun menyala dengan mudah.

Ford New Fiesta 16

Banyak yang membayangkan bahwa mesin 1.000 cc dengan sokongan transmisi matik adalah ada jeda ketika kaki menekan pedal gas dan putaran roda. Namun ternyata, Fiesta EcoBoost ini terhitung sangat responsif untuk kelasnya.

Di putaran bawah, tenaga mesin yang meraih predikat Engine of the Year 2012 dan 2013 ini terisi untuk membuat kepercayaan diri para pengemudinya meningkat. Banyak yang bilang kalau ini mesin 1.000 cc tapi bukan seperti 1.000 cc.

EcoBoost memang memiliki keunggulan baik di torsi maupun di powernya. Bayangkan saja, mesin EcoBoost yang hanya berkapasitas 1.000 cc ini memang diklaim mampu menampilkan tenaga sebesar 125 PS dengan torsi 170 Nm.

Angka itu bahkan lebih besar dari Fiesta bermesin 1.5 liter yang diklaim hanya memiliki kekuatan 112 PS dengan torsi 140 Nm. Al hasil, putaran bawah, tengah, dan atas pun terisi.

Apalagi mobil ini juga sudah dilengkapi dengan turbocharged yang putarannya bisa mencapai 248.000 rpm. Ford bahkan mengklaim kalau kepadatan daya yang ada di mobil ini mampu hanya kalah dengan mobil balap F1 saja.

Kemampuan Fiesta EcoBoost ketika di jalan lurus serta berliku membuat pengendara tidak akan sadar kalau mesin mobil ini sebenarnya berkapasitas kecil.

Alhasil, mesin yang hanya berbobot 97 kg dan bisa didirikan di atas kertas berukuran A4 inilah senjata rahasia Fiesta EcoBoost sebenarnya.

130921 03

Kesimpulan

Tidak perlu diragukan untuk hatchback yang beredar di Indonesia saat ini, kemampuan Fiesta EcoBoost tampil di atas rata-rata. Desain eksteriornya sporty tapi modern dengan interior lega yang sarat teknologi.

Keunggulan paling utama tentu saja ada di mesin EcoBoost yang di cangkok di balik kap-nya.

Namun untuk membuat mesin yang diklaim punya tingkat efisiensi 18,9 km/liter serta hanya menghasilkan emisi gas buang 121 g/km ini sukses bukan perkara mudah. Edukasi harus terus dilakukan oleh Ford terlebih masih ada anggapan kalau tenaga besar harus datang dari mesin berkapasitas besar.

Tantangan lain bagi si ‘Oval Biru’ tidak lain adalah di harganya. Ford Fiesta EcoBoost ini di banderol Rp 240.000.000 untuk Sporty transmisi manual, Rp 250.400.000 untuk Sporty transmisi automatic dan Rp 280.400.000 untuk Titanium transmisi automatic.

Bila sudah begitu, tinggal konsumen yang memilih maukah mereka mengeluarkan uang lebih untuk menikmati kemampuan mesin terbaik di dunia ini.

Poin plus:

  • Desain eksterior
  • Fitur interior
  • Mesin EcoBoost

Poin minus:

  • Harga
  • Jaringan purna jual

Komentar»

1. RPMspeed - Maret 19, 2014
Irfan Desyadi Azis - Maret 19, 2014

Setuju banget bro RPM… tapi dia jadi paling mahal di kelasnya😦 worth gak ya?

2. Skip - Mei 14, 2014

Perawatannya sulit ga?

Irfan Desyadi Azis - Mei 14, 2014

enggak om…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: