jump to navigation

Nasib LCGC Jika Joko Widodo Jadi Presiden RI ke 7 Maret 19, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: , , , , ,
trackback

Image

Menarik untuk di pantau nih bagaimana nasib mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) jika Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI ke 7. Seperti kita ketahui Joko Widodo dikenal sebagai sosok yang tidak setuju dengan keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan. Beliau lebih mementingkan angkutan massal khususnya di kota-kota besar seperti DKI Jakarta. Tujuannya jelas untuk mengurangi kemacetan. TGB juga sepakat dengan beliau.

Sebelum mendengar tanggapan dari dunia otomotif ada baiknya kita mengetahui apa sich manfaat dari program mobil murah dan ramah lingkungan yang dicanangkan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41/2013.

  • Menarik tambahanan investasi dari merek-merek mobil (Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki dan Datsun) yang ikut program mobil murah dan ramah lingkungan.
  • Menambah lapangan pekerjaan.
  • Transfer teknologi.

Tapi bagaimana tanggapan industri automotif jika Joko Widodo Jadi Presiden RI ke 7? Tanggapan dari industri automotif tentu saja menginginkan peraturan ini harus tetap berjalan di Tanah Air.

Sebaliknya jika Jokowi terpilih sebagai presiden Republik Indonesia dan selanjutnya menghapus Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41/2013, maka yang terjadi adalah:

  • Pabrikan mobil yang sudah terlanjur ikut LCGC (Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki dan Datsun) bisa mencabut investasinya di Indonesia dan mendirikan investasi di negara tetangga yang masuk kategori ASEAN Free Trade Area (AFTA).
  • Pabrikan mobil tetap impor LCGC ke Indonesia karena ada permintaan.

Tapi jika masuk secara CBU apakah nanti harganya bisa semurah sekarang? mungkin akan ganti nama menjadi HCGC (High Cost Green Car).

Only a matter of time…

Image

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: