Dua generasi mesin Ninja 150 punya kelebihan dan kekurangan. Keduanya jadi ukuran produsen Kawasaki di Indonesia untuk mengevaluasi produknya. Artinya, ini semua disesuaikan pengembangan teknologi.
Mesin 1855 untuk Ninja 150 versi 1996-2001 punya kelebihan di kruk-as. Crankshaft di mesin 1855 lebih berat dan diameter bandul sedikit lebih besar. Makanya banyak mekanik yang masih ngorek Ninja nyari kruk-as dari 1855.
Tapi, tetap ada kekurangannya mesin 1855. Masalahnya lubang bearing di crankcase lemah. Kruk-as gampang goyang karena beban bandul yang berat dan torsi yang besar.
Masuk era 2002 sampai 2006 September kekurangan crankcase 1855 dibenahi di mesin 1878. Lubang crankcase untuk bearing kruk-as dirancang ulang. Ini dibenahi dengan membuat lubang seperti bos. Jadi, lapisan pinggir lubang jauh lebih tebal.
Trik seperti ini bisa diaplikasi buat Ninja 1996 sampai sebelum 2002. Lubangnya tambah daging aja untuk diperkuat.
Oktober 2006 sampai sekarang semua varian Ninja 150 kembali lagi menggunakan mesin 1855. Bedanya diameter bandul kruk sddikit lebih kecil dan ringan dibanding sebelumnya. Lubang crankcase untuk bearing kruk-as dibikin lagi tanpa bos.
Semoga bermanfaat.
Top Posts:
- Tertipu Saat Pesan Makanan di KFC Istana Plaza Bandung
- Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un… M. Fadli Kecelakaan Serius Usai Finish Kelas Supersports 600cc Asia Road Racing Championship (ARRC) Seri 2
- Pesan Seorang Ayah untuk Polisi di Balik STNK Motor Anaknya Membuat Banyak Orang Ingin Mengikutinya
- Pengakuan Mengejutkan Mantan Karyawan KFC
- Hati-hati! Charge Baterai Laptop di Marche Restaurant Kena Rp 400 Ribu
- Yamaha Jupiter MX King 150 vs Suzuki Satria F150
- Modus Baru Pencurian Mobil dengan Menaruh Toyota Harrier Bodong di Rumah Penjual, Ada Imbalan Rp 10 Juta Bagi yang Menemukan!
- Nah Ini Dia Capture BBM Robbi Saat Menawarkan Artis-Artis Kelas Atas
- Lisa Rudiani, Cantik Cantik Penipu
- Identitas Pemotor B 6971 ZCB yang Nekat Melawan Arus di Pasar Minggu Tidak Teridentifikasi
- Identitas Mobil Hummer B 26 RSA yang Nekat Melawan Arus Akhirnya Terungkap
- Modus Baru Curanmor dengan Melakukan Hubungan Seks
- Begini Rasanya Pipis Diintip Cewek…
- Klarifikasi Pemilik Mobil Hummer B 26 RSA yang Nekat Melawan Arus
- Mintalah Selalu Bon di SPBU Agar Tidak Tertipu
- Teknologi Semakin Canggih, Motor Makin Irit… Irit Nenek Lu!
- Nah Ini Dia Penampakan Tampang Depan Honda K56
- Pengendara Motor Hama Jalan Raya?
- Hindari Dua Tempat Ini Jika Ingin Berbelanja Gadget di Singapore
- Amel Alvi Kah Artis Berinisial AA yang Tersandung Kasus Prostitusi Online?
Tahun 1996 belum ada 1855, masih 1827 sampai ninja KIS tahun 2006
terima kasih masukannya nanti saya update. mohon info sumbernya bro… kalau ada linknya boleh… terima kasih…
manggut2
Ah om ipan bisa aja… 🙂
ini judulnya “Perbedaan Blok 1855 dengan 1878 pada Kawasaki Ninja 150″
tapi yang dibahas “kruk-as” dari tiap generasi ninja 150
ganti aja judulnya jadi “perbedaan kruk-as pada generasi motor ninja 150″
Makasih buat masukannya bro….
sama-sama bro,semoga menjadi blog yg lebih baik
Amin… makasih buat masukan dan support nya…