jump to navigation

Pentingnya Penggunaan Masker Bagi Pemotor dan Pesepeda Maret 28, 2014

Posted by The Green Blog in Bicycle, Motorcycle.
Tags:
trackback

IMG-20140324-WA0014

Terima kasih kepada Om David Chyn sahabat TGB yang sudah memposting foto di atas di group Whatsapp. Foto tersebut menyadarkan TGB bahwa tingkat polusi di Jakarta sudah tidak bisa dianggap remeh lagi. Dalam pemakaian waktu 1 minggu atau kurang lebih 12 jam. Dari filter masker yang berwarna putih berubah 180 derajat menjadi berwarna hitam yang artinya sudah tidak layak pakai lagi dan sudah perlu penggantian filter. Bisa dibayangkan bagaimana kondisi paru-paru kita jika terus menerus berkendara baik dengan motor atau dengan sepeda tanpa menggunakan masker.

Beberapa tips sederhana menangkis polusi

Untuk mengurangi paparan polusi sehari-hari, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, diantaranya sebagai berikut :

masker-respirator-double-filter-pekanbaru

1. Menggunakan Masker

Ketika mengunakan motor, sepeda, angkutan umum, atau jalan kaki di trotoar, sebaiknya anda memakai masker. Masker bisa menangkis polutan. Disarankan untuk menggunakan masker yang terbuat dari kain. Hal ini karena pori-pori masker kain lebih rapat dibandingkan dengan masker kertas sekali pakai.

2. Menggunakan Kaca Mata

Paparan polusi tidak selalu berhubungan dengan hidung, mata pun juga bisa terpapar polusi. Untuk mengurangi paparan polusi di mata, Disarankan agar selalu memakai kacamata, terutama ketika mengendarai motor, sepeda, angkutan umum, atau jalan kaki di pinggir jalan. Kacamata yang digunakan sebaiknya kacamata hitam yang sekaligus dapat dipakai untuk menangkis sinar ultraviolet. Sinar UV diketahui bisa mempengaruhi fungsi mata. Bagi pengendara motor juga bisa menggunakan helm yang ada kaca penutupnya.

3. Mencuci Masker

Jika masker yang digunakan adalah masker kain (bukan sekali pakai) maka jangan lupa untuk mencucinya setelah dipakai. Masker yang telah dipakai cenderung terdapat polutan di dalamnya. Apabila anda membiarkan masker yang sama untuk digunakan selama berhari-hari, anda berisiko untuk menghirup polutan yang sama. Oleh karena itu, pastikan mengganti masker setiap hari dengan yang baru atau yang bersih.

Semoga bermanfaat

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: