jump to navigation

Bengkel Resmi vs Bengkel Umum April 11, 2014

Posted by The Green Blog in Car, Motorcycle.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

20130130_030244_20130130_BengkelResmi-01

Saat ini tersedia bengkel resmi dan tidak resmi yang memiliki fasilitas berbeda. Namun bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi seharusnya tahu mana bengkel yang yang harus dipilih. Sebab, tidak selamanya kedua bengkel ini memuaskan, ada kelebihan dan ada juga kekurangannya. Ada beberapa hal yang dimiliki bengkel umum tapi tidak dimiliki bengkel resmi, begitu juga sebaliknya.

Nah, ingin tahu lebih jelas kelebihan dan kekurangan kedua bengkel ini. Mari kita bandingkan.

1. Harga

Harga atau tarif bengkel resmi biasanya lebih tinggi dari bengkel umum. Untuk sekedar tune up di bengkel umum sekitar Rp 250 ribuan. Bahkan di bengkel umum konsumen bisa tawar-menawar.

Sementara tune up di bengkel resmi di atas Rp 250 ribu, belum termasuk jasa kerja. Kondisi ini yang membuat pemilik mobil lebih merasa pas pergi ke bengkel umum. Berbeda jika mobil yang masih masuk masa garansi. Pemilik mobil pasti memanfaatkan masa garansi.

2. Kenyamanan ruang tunggu

Ruang tunggu bengkel umum memang tidak senyaman ruang tunggu bengkel resmi yang notabene dilengkapi AC, televisi, sofa, lantai keramik, edisi majalah terbaru hingga fasilitas WiFi. Ruang tunggu bengkel umum biasanya seadanya dan kurang nyaman. Bahkan suara mesin mobil bisa masuk sampai ke ruang tunggu. Kondisi ini sangat tidak nyaman.

20110217fasilitasdealer1_1

3. Jam kerja

Ada bengkel resmi yang menerapkan kerja target untuk para mekanik dalam 1 hari. Cara ini cukup besar berpotensi masalah, karena mekanik dikejar waktu.

Sedangkan bengkel umum bisa lebih bebas dan tak terikat. Dengan begitu konsumen lebih puas bahkan bisa bertanya-tanya pada mekanik

bookingserviceauto-767853

4. Interaksi dengan konsumen

Komunikasi mekanik dengan konsumen di bengkel resmi sangat terbatas. Ada beberapa bengkel resmi yang melarang konsumen masuk ke area bengkel. Artinya pelanggan tidak bisa menuangkan unek-uneknya selama mobil diperbaiki. Keluhan lainnya juga kecil kemungkinan tersampaikan pada mekanik.

Sedangkan kondisi ini tidak didapatkan di bengkel umum. Antara mekanik dan konsumen bebas berbincang selama proses perbaikan.

5. Spare part asli dan palsu

Konsumen yang suka ke bengkel umum dengan alasan lebih terjangkau harus mewaspadai peredaran spare part palsu. Jangan cepat percaya pada montir yang mereferensikan onderdil.

Kejadian ini seperti hampir tidak terjadi pada bengkel resmi. Sebab bengkel resmi menjaga nama baik bengkel demi masa depan merek kendaraan.

DSC00043

6. Memilih mekanik

Memilih mekanik menjadi alasan para pemilik mobil di bengkel umum. Tapi memilih mekanik tidak bisa dilakukan di bengkel resmi. Siapapun bisa menangani mobil Anda.
Bulan ini, mobil Anda ditangani oleh si A. Bisa jadi 6 bulan kemudian kendaraan Anda dipegang oleh si B, yang jelas-jelas memiliki kemampuan berbeda-beda.

7. Keahlian mekanik

Bengkel resmi mengklaim memiliki SDM di atas rata-rata mekanik di bengkel umum. Namun balik lagi, masing-masing mekanik memiliki tingkat kemampuan berbeda dalam memperbaiki kendaraan entah itu di mesin, kaki-kaki dan sistem Audi.

Karena itu Anda harus tahu benar bengkel resmi atau bengkel umum yang hendak dituju. Cari informasi lewat teman atau saudara terlebih dahulu sebelum memutuskan pergi ke bengkel.

CIMG1846

Semoga bermanfaat

Komentar»

1. Achmad Sya'roni F - April 11, 2014

saya pilih bengkel umum tapi punya nama. harga agak miring tapi kualitas pekerjaan ga kalah sama beres

Irfan Desyadi Azis - April 11, 2014

Joss om… Kalau tau bengkel umum yg recommended baik mobil atau motor monggo di share om… Buat pencerahan teman2 yang lain… Terima kasih…

2. adinsr - Mei 6, 2014

saya kerja di bengkel resmi mobil Eropa dan juga punya bengkel umum motor, menurut saya lebih baik ke bengkel umum yang punya record hasil kerja yg bagus, terutama tau nama mekaniknya siapa dan minta supaya dia yang ngerjain. Gak hanya itu untuk pekerjaan tertentu tanyain punya special tools yg menyangkut perbaikan mobil kita gak, kl iya tancap.. krn gak selamanya bengkel resmi itu kualitas mekaniknya bagus, tapi kelengkapan tools memang gak usah diragukan lagi

Irfan Desyadi Azis - Mei 6, 2014

Setuju mas bro… thx buat comment nya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: