jump to navigation

Hasil Pemilu Legislatif 2014 di PPLN Singapore April 14, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

CHART

Inilah lanjutan dari artikel sebelumnya (klik disini) yang pernah TGB share di blog.

Berikut adalah beberapa serba-serbi yang mungkin orang tidak banyak tahu mengenai hal ihwal Pemilu 2014 di luar negeri khususnya di Singapore.

  1. PPLN Singapura telah melaksanakan Pemilu Legislatif pada Tanggal 6 April 2014 pada pukul 08.00 s/d 18.00 waktu setempat di lingkungan KBRI Singapura dengan menyediakan sebanyak 36 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 144 (seratus empat puluh empat) bilik suara.
  2. Untuk mengantisipasi jumlah pemilih yang besar yang datang pada waktu yang bersamaan dan pada tempat yang sama serta menghindari pemilih ganda PPLN Singapura menerapkan kecanggihan teknologi IT dengan menggunakan sistem barcode dalam proses pendaftaran calon pemilih. Penggunaan sistem barcode mempercepat proses registrasi yang dapat dilakukan secara online pada website PPLN Singapura dengan tujuan pada hari pencoblosan, proses registrasi kedatangan pemilih dapat berjalan dengan lancar, cepat dan akurat. Hal ini terbukti dalam proses registrasi pada waktu pencoblosan dapat selesai dalam hitungan detik sehingga rata-rata waktu yang dibutuhkan para pemilih sekitar 10- 15 menit dari saat memasuki gerbang KBRI hingga selesai melakukan pencoblosan.
  3. Pada Pemilu legislatif 2014, total jumlah surat suara yang diterima sebanyak sekitar 23.851, baik dari pemilih yang datang langsung ke KBRI pada saat pencoblosan tanggal 6 April 2014 maupun yang melalui pos. Tingkat partisipasi warga Indonesia pada Pemilu legislatif 2014 di Singapura mengalami peningkatan tajam dibanding pada Pemilu legislatif tahun 2009. Pada Pemilu legislatif tahun 2009, tercatat sebanyak sekitar 18.286 peserta yang menggunakan hak pilih, baik yang melakukan pencoblosan langsung maupun melalui pos. Dengan demikian, terdapat lonjakan sebanyak 5565 pemilih, atau terjadi peningkatan jumlah pemilih sebesar 30% dibandingkan pada Pemilu legislatif 2009.
  4. Dalam perekrutan perangkat Pemilu yaitu KPPSLN (Kelompok Penyelengaraan Pemungutan Suara Luar Negeri) dan PANWASLU (Panitia Pengawas Luar Negeri) PPLN Singapura telah melibatkan seluruh komponen masyarakat Indonesia di Singapura, jumlah keanggotan dari PANWASLU sebanyak 7 orang dan Keanggotaan dari KPPSLN sebanyak 250 orang yang terbagi kedalam 36 ( tiga puluh enam) TPSLN. Seluruhnya petugas KPPSLN telah dibekali dengan bimbingan teknis dan sosialisasi pemungutan suara sebanyak 2 kali untuk memastikan semua petugas memahami dengan baik tugas dan fungsinya serta dapat melaksanakan tugasnya dengan menjunjung tinggi netralitas, integritas dan penuh tanggungjawab.
  5. Berikut adalah hasil dari perhitungan suara hasil Pemilu Legislatif di KBRI Singapura oleh PPLN dan KPPSLN Singapura.

TABLE

Semoga bermanfaat.

Sumber: (klik disini)

Komentar»

1. Maskur - April 15, 2014

tetep PDIP ternyata


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: