jump to navigation

Komparasi Value Motor Sport Rentang Harga Rp 28jt – 62jt Juni 22, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

1

Kali ini TGB ingin mengajak kita semua untuk berdiskusi mengenai perbandingan value untuk motor sport yang yang beredar di Indonesia dengan rentang harga antara 28jt – 62jt rupiah. Kalau kita bicara harga dengan rentang tersebut maka produk yang bermain mulai dari 150cc – 250cc.

Lho kok bandinginnya Apple to BlackBerry bukan Apple to Apple?

Begini mas bro, kalau yang dibandingkan adalah spesifikasi jelas harus apple to apple. Misalnya 2tak vs 2tak, 4 tak vs 4 tak, 150cc vs 150cc atau 250cc vs 250cc. Tapi kalau membandingkan value, bisa lintas kelas karena yang dinilai adalah value-nya.

Apa itu value?

Value merupakan nilai yang didapatkan oleh pembeli dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Dalam hal motor sport nilai ini adalah power. Berapa rupiah yang mas bro keluarkan untuk mendapatkan power 1 kilowatt (kW). Jadi rumus untuk mendapatkan value tersebut adalah sebagai berikut:

rumus value

“Semakin kecil angka yang didapat maka value motor tersebut semakin tinggi sehingga semakin layak untuk dimiliki. Jika ada discount dan bonus juga harus di factor-in untuk mengurangi harga jual diatas sehingga value juga meningkat”

Tapi tenang aja mas bro. Sampeyan gak perlu repot-repot untuk menghitung, TGB sudah rekapin untuk mas bro semua. Nih datanya.

click gambar untuk memperbesar

click gambar untuk memperbesar

Analisa

  1. Untuk motor sport rentang harga Rp 28jt – 62jt, best value adalah Kawasaki Ninja 150RR dimana untuk mendapatkan 1 kW memerlukan dana Rp 1.733.333 jt sementara yang paling buruk adalah Kawasaki D-Tracker X dimana untuk mendapatkan 1 kW membutuhkan kucuran dana Rp 3.338.889.
  2. Untuk motor sport kelas 150cc 4 tak, Yamaha YZF-R15 memiliki value yang lebih baik dibandingkan Honda CBR150R. Yamaha YZF-R15 melepas 1 kW dengan harga Rp 2.295.082 sementara Honda CBR150R mematok 1 kW dengan harga Rp 3.329.519 untuk type Repsol.
  3. Untuk motor sport kelas 250c naked dan non off-road, Kawasaki Z250SL memiliki keunggulan value dengan membandrol 1 kW seharga Rp 1.889.267 sedangkan termahal adalah Suzuki Inazuma yang 1 kW nya bermain di angka Rp 2.638.889. Tapi dengar-dengar katanya Suzuki Inazuma lagi ada discount besar-besaran. Kalau benar hitungan diatas khusus untuk Suzuki Inazuma bisa berubah.
  4. Untuk motor sport kelas 250c fairing, Yamaha YZF-R25 lebih unggul dibanding Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250R. Dimana 1 kW untuk Yamaha YZF-R25 berharga Rp 1.948.529 sedangkan Honda CBR250R Repsol+ABS 1 kW nya dihargai Rp 2.628.571

Kesimpulan

Sekarang TGB menyadari bahwa pantas saja walaupun Kawasaki Ninja 150RR akan mengakhiri petualangannya di bulan Juli 2015, produk tersebut masih diburu banyak orang. Dan penjualan Honda CBR series dan Suzuki Inazuma tidak semanis Yamaha YZF-R25 dan Kawasaki Ninja series ya karena memang value nya kecil sekali jadi banyak biker yang enggan untuk meminangnya.

Semoga bermanfaat.

Top Posts:

Komentar»

1. danisubject - Juni 22, 2014

ga worth it kalo mahal😀 kecuali motor nya ganteng

Irfan Desyadi Azis - Juni 22, 2014

iya gak layak dibeli kalau kemahalan secara value… tapi lain halnya kalau emang udah naksir berat biasanya udah gak liat harga lagi. rumus tersebut gak berlaku hihi

2. RPMspeed - Juni 24, 2014
Irfan Desyadi Azis - Juni 24, 2014

Hihihi… udah kesengsem berat ya… kalau udah gitu gak perlu di hitung lagi hihihi….

3. bedjo - Juni 24, 2014

value itu tidak cuma power, bisa desain, spare part yang di gunakan, konsumsi bbm, dan masih banyak lainnya.

jika menilai value hanya dari power, ibarat melihat sesuatu hanya dari satu sudut.

-imho-

Irfan Desyadi Azis - Juni 24, 2014

setuju bro bedjo… saya juga mikir kesitu… hanya saja design dan yg lain di sebutkan tidak bisa di ukur dengan hanya melihat brosur… saya hanya memberikan gambaran ke kawan-kawan bagaimana menilai sesuatu mahal atau tidak nya suatu barang… kalau kita bahas semua aspek gak cukup satu artikel… hope it clarifies… terima kasih buat masukan dan sarannya… salam kenal…

bedjo - Juni 24, 2014

salam kenal balik🙂

baiklah, cukup membantu untuk yg melihat dari sisi power. di tunggu artikel berikut nya mungkin komparasi value dari sisi safety. percuma juga kan power nya tinggi tapi tidak aman. hehe…

Irfan Desyadi Azis - Juni 24, 2014

ok om bedjo… doakan saja supaya ada waktu untuk membahasnya… soalnya saya kerja kantoran juga… yang terberat adalah ngumpulin data-data nya… semoga saja dilain kesempatan akan ada bahasan mengenai hal-hal yang om bedjo sebutkan diatas…🙂

4. Kobayogas - Juni 24, 2014
Irfan Desyadi Azis - Juni 24, 2014

ngumpulin datanya yang ribet kang kobay… karena gak semuanya tersedia di website… untung aja kemarin ke jakarta fair jadi mintain brosur aja semua…🙂

Kobayogas - Juni 24, 2014

lah iya pasti, ay sih udah nyaris gada waktu wkwkwkk

Irfan Desyadi Azis - Juni 24, 2014

ah masa sie… kang kobay aktif banget saya lihat tiap hari… pengen deh kaya kang kobay…. sukses ya kang…🙂 salam buat teman-teman yang lain… kalau ke singapore kabar-kabarin ya kang…

Kobayogas - Juni 24, 2014

Mkasudnya kalau artikel yang udah ada bahan kek dirimu bikin komprasi kek gitu haduh, habis sudah waktunya…
Saya mah seadanya… sip insya Allah🙂

Irfan Desyadi Azis - Juni 24, 2014

sip kang…

5. Spesifikasi dan Picture Gallery Kawasaki Z250SL di Jakarta Fair Kemayoran 2014 | The Green Blog - Juni 26, 2014

[…] ini dihadirkan Kawasaki untuk mendampingi Kawasaki Ninja RR Mono dengan value yang sangat tinggi (klik disini) ini motor kedepannya bakalan berjaya di 250cc asalkan promosi dan brand imagenya benar2 dibangun […]

6. Peta Motor Sport 250cc di Indonesia | The Green Blog - Juli 5, 2014

[…] Kompetitor lain pasti geram melihat Kawasaki bermain sendirian di kelas ini sejak tahun 2008. Dengan persiapan yang sangat matang mulai Mei 2014 Yamaha melahirkan YZF-R25 ke tanah air. Dengan design mutakhir, spek mesin identic dengan yang dimiliki Kawasaki Ninja 250. Tapi dengan racikan ala Yamaha power YZF-R25 terdongkrak 3 kW lebih tinggi di bandingkan Kawasaki Ninja 250. Dan dengan produksi dalam negeri harga bisa di tekan sehingga secara value Yamaha YZF-R25 lebih unggul di banding Kawasaki Ninja 250 (klik disini). […]

7. baha - September 12, 2014

owh begitu ya

The Green Blog - September 12, 2014

gimana pendapatnya om baha?

8. Yamaha YZF-R15 TV Commercial | The Green Blog - September 16, 2014

[…] ke 173 yang berjudul “Komparasi Value Motor Sport Rentang Harga Rp 28jt – 62jt” (klik disini), Motor Yamaha YZF-R15 memang layak untuk diperhitungkan di kancah Nasional. Persaingan semakin […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: