jump to navigation

Ford Fiesta 1.0L EcoBoost Review and Test Ride Juli 20, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: ,
trackback

4

Mesin yang menyabet gelar sebagai mesin terbaik di dunia pada tahun 2012 dan 2013 bersiap masuk Indonesia. Di cangkok ke jantung Fiesta, mesin bernama EcoBoost ini membuat Fiesta tampil beda dan canggih. Tapi apa saja kehebatan mesin ini?

Memasuki generasi keenam, Fiesta tampil dengan satu varian tertingginya, Fiesta EcoBoost. Namun bila biasanya varian tertinggi di sebuah mobil menggunakan mesin berkapasitas besar, tidak begitu halnya dengan mobil Amerika yang satu ini. Sebab, mesin EcoBoost malah lebih kecil dari varian Fiesta yang ada sekarang.

Fiesta saat ini dilepas dengan mesin berkapasitas 1.5 liter atau 50 persen lebih besar dari mesin EcoBoost yang hanya berkapasitas 1.000 cc dengan tiga buah silinder.

Melihat kapasitas mesinnya, mungkin orang akan melihat sebelah mata. Mana bisa mesin 1.000 cc dengan 3 silinder bisa oke kekuatannya?

Nah, Ford ingin anakdot ini terpatahkan dengan hadirnya Fiesta Ecoboost yang menurut rencana baru akan memperkenalkan Fiesta di akhir bulan Maret mendatang. Bahkan, Ford mengklaim kalau sudah ada 50 orang antre untuk mendapatkan mobil ini.

Lalu apa saja kehebatan Fiesta EcoBoost ini?

Eksterior

101233_1

Sekilas memandang orang mungkin tidak akan bisa membedakan antara Fiesta standar bermesin 1.5 liter dengan Fiesta yang sudah mengaplikasi EcoBoost.

Namun, Chief Sales Operation PT Ford Motor Indonesia (FMI) Gumgum Prijadi meyakinkan kalau ada beberapa detail yang berbeda antara Fiesta standar dan Fiesta EcoBoost.

“Lebih ke detail mobilnya. Lihat side skirt, itu beda,” ujarnya.

20140628_12321520140628_123606

Tapi, terlepas dari perbedaan minor antara Fiesta standar dan Fiesta EcoBoost tampak jelas kesegaran yang ditampilkan sebuah Fiesta. Sportifitas sebuah desain berhasil diselubungi modernitas.

Di depan, grille trapesium yang kini menjadi ciri mobil Ford tampak siap menerkam. Sekilas pandang orang akan teringat pada grille sebuah Aston Martin.

Grille besar itu kemudian berpadu padan di bagian depan dengan desain headlamp yang menyipit, tampak padu dengan garis desain samping mobil yang mengalir dari dekat roda depan hingga ke handle pintu belakang.

Untuk tampilan luar, Fiesta mampu maju ke depan untuk pamer keunggulan desain bila dibanding hatchback Jepang yang menguasai pasar.

Interior

before test

Masuk ke dalam kabin, para insinyur Ford mampu membuktikan kalau banyaknya tombol di tengah dashboard tidak akan membuat pengendara kesulitan, apalagi kebingungan. Di pisahkan oleh tombol volume dan AC, di deretan kiri pusat dashboard terdapat beberapa tombol mulai dari menu hingga fasilitas CD, radio, AUX, dan telepon.

Sementara di sebelah kanan, ada deretan tombol layaknya sebuah ponsel. Ya, Ford memang ingin menampilkan kemudahan komunikasi ketika mengendarai mobil ini.

101313_3

Karena bagi para pengguna smartphone ada fasilitas Ford Sync yang memungkinkan pengemudi atau penumpang untuk menjawab panggilan telepon atan memilih lagu dari gadget mereka yang terhubung ke mobil melalui Bluetooth dan USB.

Tinggal perintah, maka Ford Sync akan mencarikan berbagai hal untuk anda. Bahkan pengemudi bisa mendengarkan pesan teks hanya dengan perintah suara.

Di sisi lain, ruang lapang bagi kaki dan kepala membuat kenyamanan ekstra baik bagi penumpang dan pengemudi di deretan depan atau penumpang di deretan belakang.

Mesin

test drive

Tidak perlu menunggu lama, mesin EcoBoost kami nyalakan dengan menekan tombol star di kiri panel indikator. Mesin 1.000 cc dengan 3 silinder pun menderu.

Bayangan awal detikOto terkait mesin 1.000 cc dengan sokongan transmisi matik adalah ada jeda ketika kaki menekan pedal gas dan putaran roda. Namun ternyata, Fiesta EcoBoost ini terhitung sangat responsif untuk kelasnya.

Di putaran bawah, tenaga mesin yang meraih predikat Engine of the Year 2012 dan 2013 ini terisi untuk membuat kepercayaan diri para pengemudinya meningkat.

“Wah kita dibohongi. Ini mesin 1.000 cc tapi bukan seperti 1.000 cc,” ujar seorang jurnalis otomotif di media nasional yang satu mobil dengan detikOto.

Ford Fiesta 1.0L EcoBoost

Ford Fiesta 1.0L EcoBoost

Komentar itu spontan terucap karena EcoBoost memang memiliki keunggulan baik di torsi maupun di powernya. Bayangkan saja, mesin EcoBoost yang hanya berkapasitas 1.000 cc ini memang diklaim mampu menampilkan tenaga sebesar 125 PS dengan torsi 170 Nm.

Angka itu bahkan lebih besar dari Fiesta bermesin 1.5 liter yang diklaim hanya memiliki kekuatan 112 PS dengan torsi 140 Nm. Al hasil, putaran bawah, tengah, dan atas pun terisi.

Ford Fiesta 1.5L Hatchback

Ford Fiesta 1.5L Hatchback

Apalagi mobil ini juga sudah dilengkapi dengan turbocharged yang putarannya bisa mencapai 248.000 rpm. Ford bahkan mengklaim kalau kepadatan daya yang ada di mobil ini mampu hanya kalah dengan mobil balap F1 saja.

Kemampuan Fiesta EcoBoost ketika di jalan lurus serta berliku membuat pengendara tidak akan sadar kalau mesin mobil ini sebenarnya berkapasitas kecil.

Alhasil, mesin yang hanya berbobot 97 kg dan bisa didirikan di atas kertas berukuran A4 inilah senjata rahasia Fiesta EcoBoost sebenarnya.

Kesimpulan

Ford Fiesta 1.0L EcoBoost

Ford Fiesta 1.0L EcoBoost

Tidak perlu diragukan untuk hatchback yang beredar di Indonesia saat ini, kemampuan Fiesta EcoBoost tampil di atas rata-rata. Desain eksteriornya sporty tapi modern dengan interior lega yang sarat teknologi.

Keunggulan paling utama tentu saja ada di mesin EcoBoost yang di cangkok di balik kap-nya.

Namun untuk membuat mesin yang diklaim punya tingkat efisiensi 18,9 km/liter serta hanya menghasilkan emisi gas buang 121 g/km ini sukses bukan perkara mudah. Edukasi harus terus dilakukan oleh Ford terlebih masih ada anggapan kalau tenaga besar harus datang dari mesin berkapasitas besar.

Tantangan lain bagi si ‘Oval Biru’ tidak lain adalah di harganya. Karena meski belum diumumkan resmi, Ford sudah mewanti-wanti kalau harga Fiesta EcoBoost akan berada di atas Fiesta standar yang saat ini dilepas di rentang harga antara Rp. 195.600.000 sampai Rp. 236.000.000.

Bila sudah begitu, tinggal konsumen yang memilih maukah mereka mengeluarkan uang lebih untuk menikmati kemampuan mesin terbaik di dunia ini.

Poin plus:
– Desain eksterior
– Fitur interior
– Mesin EcoBoost

Poin minus:
– Harga
– Jaringan purna jual

Lalu bagaimana review & test ride Ford Fiesta 1.0L EcoBoost? Silakan lihat review & test ride by AutonetMagz selengkapnya:

Sumber: Detik & AutonetMagz

Komentar»

1. sijidewe - Juli 21, 2014

ada wifinyaūüėÄ

nasib motor jelek gan tidak punya fitur standar tengah :v

http://sijidewe.com/2014/07/21/nasib-motor-tidak-punya-standar-kaki-penyangga-tengah/

Irfan Desyadi Azis - Juli 21, 2014

bisa internetanūüôā


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: