jump to navigation

Tips Membeli Mobil Bekas – Step by Step Juli 23, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: ,
trackback

101143_mobiliors6

Meningkatnya kebutuhan akan sebuah kendaraan membuat orang-orang berusaha dengan segala cara untuk membeli mobil. Bagi sebagian besar orang yang hanya mempunyai dana terbatas, membeli mobil bekas adalah pilihan terbaik.

Selain itu, orang-orang yang hobi mengoleksi mobil pun akan lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Toh, mobil-mobil yang dimilikinya itu sebagian besar hanya untuk dipajang, bukan untuk dipakai sehari-hari.

Harga mobil yang cepat turun juga menjadi alasan orang-orang untuk membeli mobil bekas. Bagi Mas bro yang ingin membeli mobil bekas, perhatikan dulu hal-hal berikut ini agar tidak tertipu dengan mobil yang dibeli. Sah-sah saja membeli mobil bekas, tapi jangan sampai ke depannya justru pengeluaran perbaikan mobil itu lebih besar daripada biaya untuk membelinya.

1. Kondisi fisik dan mesin mobil

Ketika Mas bro sedang melihat-lihat mobil bekas yang diinginkan, ajaklah teman Mas bro yang mengerti mengenai mobil. Mintalah bantuan teman Mas bro tersebut untuk mengecek kondisi badan mobil, jangan sampai ternyata ada kerusakan yang tersembunyi dan belum diperbaiki. Jika memang ada kerusakan parah yang tidak diberitahukan oleh penjual, sebaiknya alihkan minat Mas bro ke mobil yang lain

Selain mengecek badan mobil, Mas bro juga harus mengecek mesin kendaraan. Dengarkanlah suara mesin apakah masih bagus atau ada suara-suara aneh yang menandakan terjadinya gangguan pada mesin mobil. Coba injak pedal gas berulang-ulang hingga Mas bro yakin dengan suara mesin yang didengarkan.

Cek juga tali kipas mesin, apakah masih lentur atau sudah keras. Tali kipas yang keras menandakan bahwa mobil tersebut sering dipakai. Cek juga kondisi tutup mesin apakah dalam kondisi terawat atau tidak, serta perhatikan apakah ada pipa yang bocor atau oli yang menetes.

Yang terakhir, bersama penjual, cobalah untuk mengendarai mobil tersebut berkeliling untuk merasakan apakah ada hal ganjil lainnya yang terasa, seperti perpindahan gigi, rem, kopling, lalu posisi kemudi apakah selalu lurus saat kecepatan berkurang dan posisi jalan menikung. Lampu-lampu kendaraan dan wiper juga perlu dicek.

2. Riwayat Penggunaan Mobil

Tanyakan kepada penjual riwayat mobil ini sebelumnya, apakah milik pribadi, milik perusahaan, digunakan untuk bisnis, atau pernah kecelakaan.

Untuk lebih aman, Mas bro bisa membeli mobil bekas teman atau saudara. Jika membeli mobil bekas dari diler atau orang yang tidak kita kenal, ada potensi ditipu riwayat penggunaan mobil sebelumnya.

Mobil yang digunakan hanya untuk pemakaian pribadi tentu lebih terawat daripada mobil yang digunakan untuk bisnis maupun untuk perusahaan. Mas bro bisa menggunakan fasilitas situs Samsat untuk mengetahui nilai jual harga kendaraan bermotor berdasarkan tahun dan merek yang dijadikan dasar pengenaan pajak, juga untuk asuransi dengan cara memasukkan nomor polisi ke situs tersebut.

3. Cek Surat-Surat Mobil

Hal penting lainnya ketika akan membeli mobil bekas adalah mengecek surat-surat kendaraan tersebut, seperti surat pajak, STNK, dan BPKB. Mas bro dapat mengecek keaslian surat-surat tersebut, terutama BPKB, di kantor Samsat.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari penipuan BPKB palsu dari mobil yang akan Mas bro beli.

Riwayat pembayaran pajak juga perlu Mas bro cek. Akan lebih bagus lagi apabila pajak mobil yang akan Mas bro beli masih hidup dan jatuh temponya masih panjang. Jangan pernah membeli mobil dengan pajak yang sudah mati, sebab Mas bro masih harus mengeluarkan biaya untuk membayar pajak beserta dendanya.

Apabila pemilik kendaraan yang akan Mas bro beli memiliki KTP daerah yang sama dengan Mas bro, tentu hal itu akan lebih memudahkan lagi untuk balik nama surat-surat kendaraan tersebut.

4. Pilih Merek Mobil dengan Reputasi Baik

Toyota, Daihatsu, Nissan, Suzuki merupakan empat produsen mobil untuk pemakaian pribadi yang menjadi pemimpin di pasar Indonesia saat ini untuk beberapa merek seperti Avanza, Xenia, Grand Livina, dan Ertiga.

Perlu Mas bro pahami bahwa kondisi pasar mobil baru dengan bekas berbeda. Mas bro perlu pertimbangkan harga purnajual jika ingin membeli mobil bekas, misalnya mobil baru keluaran beberapa merek sangat laku, tapi harga purnajualnya relatif jatuh.

Sebaiknya Mas bro memilih mobil bekas dengan harga purnajual yang relatif stabil.

Pertimbangkan juga untuk lebih selektif dalam membeli mobil dengan transmisi otomatis dengan usia mobil di atas tiga tahun karena umumnya membutuhkan lebih banyak biaya perawatan dibandingkan mobil bertransmisi manual.

5. Cek Tahun dan Jarak Pemakaian Mobil

Ketika membeli, perhatikan sudah berapa kilometer jarak yang ditempuh mobil tersebut. Setiap mobil dilengkapi dengan odometer untuk menghitung sejauh mana jarak yang pernah ditempuh kendaraan tersebut.

Pemakaian dalam satu tahun idealnya sekitar 10.000-20.000 km. Hindari pembelian mobil dengan pemakaian di atas 40.000 km dalam satu tahun karena hal tersebut menunjukkan tingginya frekuensi mobil tersebut digunakan untuk menempuh jarak yang jauh sehingga ada potensi kerusakan suku cadang mobil yang tidak tampak. Jika Mas bro ragu dengan tampilan odometer mobil, Mas bro bisa bertanya ke bengkel resmi kendaraan tersebut.

Semoga bermanfaat

Sumber: Detik

Komentar»

1. potretbikers - Juli 23, 2014

Ctrl+D dulu, masih belum ada dana buat beli boil😉

http://potretbikers.com/2014/07/23/cwi-mie-steak-giant-menu-buka-enak-juga/

Irfan Desyadi Azis - Juli 23, 2014

Siap gan…. selamat berbuka puasa *dikit lagi🙂

potretbikers - Juli 23, 2014

masih 1,5jam lagi😆

Irfan Desyadi Azis - Juli 23, 2014

Hahaha

2. cicak kreatip.com - Juli 23, 2014
Irfan Desyadi Azis - Juli 23, 2014

Senangnya berbagi om…

3. Hermawan - 4G92Mivec - Juli 23, 2014

Kalo di singapore ada yg jual bekas juga ya?

Irfan Desyadi Azis - Juli 23, 2014

Blm pernah cek bro🙂

Hermawan - 4G92Mivec - Juli 23, 2014

Penasaran sebenarnya…apakah dijual seken, diekspor ato di scrap…

Irfan Desyadi Azis - Juli 23, 2014

Barusan tanya temen singaporean. Ada yg jual second. Ada yg di jual ke luar. Ada yg di scrap. Nah detailnya nanti saya info lg om….

Hermawan - 4G92Mivec - Juli 23, 2014

Siap…info menarik nihhh

Irfan Desyadi Azis - Juli 23, 2014

Ide bagus om. Soalnya saya pernah jalan sama temen ke tempat scrap mobil sayang bgt. Kalau buat di indo itu mobil itungannya masih bagus. Nah kalau mau beli pretelannya misalnya spion dll. Bisa nego disana.

4. INFO MOBKAS 2014 - November 28, 2014

artikel keren utk para juragan yg mau beli mobil bekas…kerennnn braiiii….

The Green Blog - November 28, 2014

Senangnya berbagi bray

5. Infostore - Desember 24, 2014

Tips yang bagus……

mampir juga gan di http://www.infostore.co.id “Pasang iklan online dengan MUDAH, CEPAT, dan GRATIS”

The Green Blog - Desember 24, 2014

Siap meluncur gan!

6. cara membeli mobil bekas - Februari 7, 2015

komplit nih keterangannya

The Green Blog - Februari 8, 2015

Senangnya berbagi…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: