jump to navigation

Tips Merawat Mobil Setelah Mudik Lebaran Agustus 6, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: , , ,
trackback

104205_auto2000cilandak

Selain sekedar mencuci sampai bersih, kendaraan pribadi tentu butuh perawatan setelah menempuh perjalanan sejauh ratusan hingga ribuan kilometer saat mudik. Perawatan perlu agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Ada beberapa tips ringan pengecekan jika pemilik mobil belum sempat membawa kendaraan ke bengkel. Apa saja itu, berikut tipsnya:

1. Cek air radiator sebelum mesin dihidupkan, buka kap mesin. Cek tangki cadangan air radiator, jika di bawah level minimum, tambahkan sampai dengan batas level maksimum.

2. Cek oli mesin periksa kuantitas oli melalui deep stick, dan bila kurang jumlahnya, ada baiknya lakukan penambahan dengan spesifikasi oli yang sama.

3. Cek volume minyak rem hampir sama dengan cara pengecekan tabung air radiator, coba cek kuantitas minyak rem di tabung master rem. Jika kurang, tambahkan sampai batas level maksimum. Perlu di perhatikan bila terlihat jumlahnya berkurang sangat banyak , biasanya ada sebuah kebocoran pada salah satu bagian. Jangan anggap enteng hal tersebut, karena jika rem tidak berfungsi dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan

4. Cek kondisi aki cek volume air aki (untuk tipe aki basah), jangan sampai volume air aki kurang sampai di bawah batas minimal. Jika di terminal aki terdapat banyak bintik-bintik putih, hilangkan dengan cara menyiram dengan air panas.

5. Cek kondisi sistem penerangan lakukan pengecekan lampu-lampu, baik lampu utama, lampu kota lampu sign dan lampu rem. Pastikan semua bekerja dengan baik. Jika semua berfungsi dengan baik, tidak hanya akan membuat aman perjalanan Anda tetapi pengguna jalan yang lainnya

6. Cek tekanan angin ban dan kondisinya. Saat mengisi bahan bakar di SPBU, tidak ada salahnya untuk berhenti sebentar dan mengecek tekanan angin ban. Sebagian besar SPBU sudah melengkapi alat pengisian angin ban sekaligus dengan besar tekanannya. Lalu berapa besar tekanan ban kendaraan mas bro? mas bro bisa melihat pada stiker yang terdapat di pilar belakang pintu depan kanan kendaraan atau pada buku pedoman pemilik kendaraan.

Semoga bermanfaat

Sumber: Detik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: