jump to navigation

Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bahan Bakar Minyak Agustus 27, 2014

Posted by The Green Blog in Car, Motorcycle.
Tags: , ,
trackback

Sebuah kendaraan tidak akan ada artinya tanpa bahan bakar yang memberikan tenaga untuk menggerakkannya. Bahan bakar yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk memberikan tenaga kepada mobil adalah bensin. Akan tetapi, persediaan bensin di muka bumi ini sangat terbatas, karena itu harga bahan bakar minyak selalu naik dan mahal. Selain itu, bahan bakar bensin juga tidak ramah lingkungan.

Karena itu, sudah saatnya para produsen kendaraan bermotor menciptakan mobil yang menggunakan bahan bakar alternatif. Selain bahan bakar alternatif ini lebih murah dan ramah lingkungan, bahan bakar alternatif juga persediaannya sangat banyak. Berikut ini adalah tujuh bahan bakar alternatif yang dapat digunakan sebagai tenaga penggerak mobil.

1. Hidrogen

Honda FCX Clarity

Honda FCX Clarity

BMW Hydrogen 7

BMW Hydrogen 7

Hidrogen dapat digunakan untuk dua jenis kendaraan, yaitu mobil dengan mesin sel bahan bakar dan mobil dengan mesin yang khusus untuk menggunakan hidrogen. Walaupun terlihat berbahaya, tapi sebenarnya pemakaian hidrogen cukup aman.

Untuk mobil yang menggunakan sel atau aki, hidrogen berfungsi untuk menghasilkan listrik yang kemudian digunakan untuk menyalakan mobil. Sementara itu, untuk mobil yang didesain khusus menggunakan hidrogen, hidrogen itu langsung menghasilkan listrik tanpa harus dialirkan ke aki dulu.

Mobil yang telah memakai bahan bakar nitrogen adalah Honda FCX Clarity dan BMW Hydrogen 7. Mobil dengan bahan bakar hidrogen masih sangat terbatas, sebab stasiun pengisian hidrogen juga masih jarang ditemui.

2. Listrik

Tesla Roadster

Tesla Roadster

Dulu, mobil bertenaga listrik merupakan sebuah impian. Namun, sekarang mulai banyak mobil bertenaga listrik yang diproduksi. Namun, produksi mobil listrik juga belum massal. Kendalanya adalah dalam hal teknologi baterai yang digunakan. Untuk menggerakkan sebuah mobil dibutuhkan sumber daya yang besar, dan apabila sering digunakan dalam kecepatan tinggi, baterai kendaraan itu akan cepat rusak. Selain itu, baterai ini juga membutuhkan waktu berjam-jam untuk diisi hingga penuh. Mobil yang sudah menggunakan tenaga listrik adalah Tesla Roadster.

3. Biodiesel

Biodiesel adalah bahan bakar yang dibuat dari minyak goreng dan pelumas yang disatukan dalam sebuah proses kimiawi. Biodiesel ini harganya lebih murah dan lebih bersih dibandingkan bahan bakar yang berasal dari fosil.

Semua mobil yang bermesin diesel dapat menggunakan bahan bakar ini. Biodiesel pun sudah banyak dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum.

4. Ethanol

Ethanol saat ini merupakan bahan bakar alternatif yang mulai banyak dikembangkan. Bahkan, ethanol sering dicampurkan ke dalam bensin untuk membantu mengurangi emisi.

Ethanol merupakan sejenis alkohol yang dibuat dari tanaman, seperti jagung atau tebu. Karena itu, bahan pembuat ethanol sangat mudah didapat, dan tampaknya tidak akan cepat habis seperti bahan bakar dari fosil. Beberapa kendaraan menawarkan penggunaan mesin yang fleksibel, artinya bahan bakarnya menggunakan campuran 15 persen bensin dan 85 persen ethanol.

5. Gas

TransJakarta

TransJakarta

Salah satu bahan bakar alternatif yang juga mulai banyak digunakan adalah gas, contohnya adalah bus TransJakarta yang sering mondar-mandir di Jakarta.

Bahan bakar gas memang diperoleh dengan mengebor perut bumi, tapi ketersediaan gas lebih banyak daripada minyak. Selain memiliki cadangan gas yang melimpah, bahan bakar gas juga lebih rendah emisi dibanding menggunakan bensin.

6. Udara

Udara ada di mana-mana dan jumlahnya tak terbatas. Lalu, kenapa tidak digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan? Mobil yang menggunakan bahan bakar udara memang belum ada, tapi teknologinya sedang dikembangkan, yakni dengan menggunakan udara yang dikompresi.

Sistem kerjanya adalah dengan mengalirkan udara melalui tabung bertekanan tinggi. Udara yang mengalir dengan cepat itu akan menggerakkan piston mobil.

7. Nitrogen cair

Nitrogen cair juga merupakan salah satu bahan bakar alternatif. Seperti hidrogen, nitrogen juga banyak tersedia di atmosfer kita. Selain itu, mobil yang bertenaga nitrogen juga rendah emisi dibanding bensin maupun diesel.

Mesin yang digunakan untuk nitrogen cair sama dengan mesin yang menggunakan udara. Walaupun nitrogen sangat bersih untuk menjadi sumber daya sebuah mobil, kendala utamanya tetaplah sama seperti yang lain, yakni stasiun pengisian nitrogen yang sangat terbatas.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Detik

Komentar»

1. warungasep - Agustus 27, 2014
The Green Blog - Agustus 27, 2014

Enak bener ya kalau bisa…

2. Alasan Pemerintah Menaikkan Harga Jual BBM Subsidi di Tahun 2014 | Sing Indo - November 18, 2014

[…] Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bahan Bakar Minyak (klik disini). […]

3. Perbedaan BBM Jenis Premium, Pertamax dan Pertamax Plus | The Green Blog - November 20, 2014

[…] Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bahan Bakar Minyak (klik disini). […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: