jump to navigation

Kapan Harus Ganti Ban Mobil? Agustus 29, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags:
trackback

Ban mobil merupakan salah satu unsur yang membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Layaknya sebuah sepatu yang kita gunakan sehari-hari, ban mobil juga memiliki fungsi yang sama. Kita dapat mengetahui kapan saatnya untuk mengganti sepatu baru apabila sudah tidak nyaman digunakan. Hal itu bisa karena solnya yang sudah tipis atau bagian lain yang robek-robek.

Begitu pula dengan ban mobil yang harus segera diganti apabila sudah tidak nyaman. Akan tetapi, pengemudi mobil tidak hanya dapat merasakan apabila ada sesuatu yang salah dengan mobil. Pengemudi harus memeriksanya secara langsung, baik secara visual maupun dengan diraba menggunakan tangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang menentukan saatnya ban mobil diganti atau tidak. Tips-tips berikut ini diolah dari berbagai sumber.

Kedalaman alur ban

163728_2

Setiap ban pasti memiliki alur-alur. Kedalaman alur ban mobil Mas bro tidak boleh kurang dari 1,6 milimeter. Mas bro dapat mengukur sendiri mengenai kedalaman alur ban mobil atau mengeceknya di bengkel mobil. Jika kedalaman alur ban mobil kurang dari 1,6 milimeter, ban akan mudah bocor.

Atau jika memang sulit untuk mengukur kedalaman di sela-sela alur ban menggunakan penggaris, cobalah untuk meraba-raba bagian sela-sela alur ban menggunakan koin atau benda lain yang muat di sela-sela alur ban. Pilihlah alur ban yang dekat dengan TWI (Tread Wear Indicator), yang ditandai dengan lambang segitiga. Di sela-sela alur ban itu ada tonjolan, dan apabila tonjolan itu mulai sejajar dengan permukaan alur ban, berarti sudah saatnya untuk mengganti ban itu.

Permukaan ban

coverin

Perhatikan permukaan ban apakah masih memiliki alur-alur atau sudah tipis. Jika sudah mulai menipis, atau bahkan sudah gundul, segeralah ganti ban mobil Mas bro. Selain mobil Mas bro akan sering mengalami selip ketika melaju di jalan, terutama ketika hujan, ban mobil Mas bro juga rentan mengalami kebocoran karena dengan mudahnya paku menusuk ban bagian dalam. Selain itu, jika aspal dalam keadaan panas, ban mobil juga akan lebih cepat sobek atau retak-retak.

Retakan di samping

163755_3

Tidak semua penanda ban harus diganti dilihat dari kondisi alur ban mobil. Problem itu bisa juga terjadi di bagian samping ban mobil. Untungnya, hal itu dapat dengan mudah dicek dengan menggunakan mata telanjang. Perhatikan apakah di ban bagian samping terdapat retakan atau garis-garis tambahan.

Jika memang ada retakan, artinya ban mobil Mas bro mengalami kebocoran, atau yang terparah adalah ban mobil Mas bro siap untuk meletus. Tentu itu adalah hal yang sangat ingin Mas bro hindari. Karena itu, jika retakan di bagian samping ban mulai semakin banyak, segera ke bengkel untuk mengganti ban mobil Mas bro.

Benjolan

163817_4

Terkadang bagian luar ban mobil mulai melemah. Hal itu bisa ditandai dengan adanya benjolan atau bagian yang melepuh. Benjolan tersebut menandakan ada sesuatu yang salah dengan bagian dalam ban, bisa karena kepanasan atau hal lainnya. Yang perlu dikhawatirkan adalah benjolan itu siap meledak kapan pun. Karena itu, sering-seringlah memeriksa ban mobil Mas bro secara menyeluruh untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Bergetar

163856_5

Ketika berkendara, Mas bro tentu akan mengalami getaran-getaran, terutama ketika melalui jalanan yang tidak rata. Namun, jika Mas bro sudah sangat sering mengemudi, Mas bro bisa membedakan mana getaran yang memang alami atau getaran yang menandakan ada sesuatu yang salah.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya getaran, seperti ban mobil yang tidak seimbang atau tidak terpasang dengan benar, atau shock absorber Mas bro mulai bermasalah. Namun, walaupun sumber getaran bukan berasal dari ban mobil, getaran yang terjadi dapat merusak ban mobil Mas bro. Karena itu, apabila mobil Mas bro sering mengalami getaran, terutama apabila melaju di jalan yang mulus, segera periksakan kendaraan Mas bro ke bengkel. Terlalu banyak getaran yang terjadi pasti menandakan sesuatu yang salah.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Detik

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: