jump to navigation

Tips Amankan Mobil dari Incaran Pencuri Agustus 31, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: , ,
trackback

kunci

Ketika bepergian di suatu daerah, baik itu untuk bisnis maupun untuk berwisata, mobil Anda menjadi seperti rumah kedua yang antara lain berfungsi untuk tempat makan, tidur, ganti baju, atau berlindung dari hujan. Karena itu, mengingat fungsi mobil sangat penting selama menemani Anda bepergian, Anda juga perlu untuk melindungi mobil beserta isinya.

Idealnya adalah Anda tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil. Namun, hal itu tidaklah dapat dihindari. Bahkan, terkadang mobil Anda menjadi sebuah safe deposit box. Karena itu, untuk menghindari terjadinya pencurian, lakukanlah tips-tips berikut ini agar mobil Anda beserta isinya tetap aman.

1. Memasukkan dan Menyembunyikan Barang

232039_malingout

Sebelum Anda mencapai tempat parkir di hotel atau pun tempat parkir umum lainnya, semua barang yang ingin Anda tinggal di dalam mobil sudah harus dimasukkan dan disembunyikan dengan rapi.

Jangan menyembunyikan barang-barang ketika Anda sudah berada di lokasi.

Jika Anda melakukan hal tersebut, sama artinya dengan memberitahukan kepada pencuri barang apa saja yang disimpan dan di mana tempat menyembunyikannya.

Akan lebih baik lagi apabila Anda sudah menyembunyikan semua barang begitu Anda baru mau mulai berangkat menggunakan mobil.

2. Memilih Tempat Parkir

cctvin

Ketika Anda ingin memarkirkan kendaraan di dalam gedung, pilihlah area parkir yang banyak dilalui orang atau di area yang terang.

Jangan memarkirkan kendaraan di tempat yang terpencil, apalagi yang terhalang tembok dan tidak termasuk dalam jangkauan CCTV.

Jika memungkinkan, parkirkan kendaraan Anda di dekat pintu keluar, pintu masuk, atau dekat dengan kantor petugas parkir.

Semakin banyak orang yang lalu-lalang dekat mobil Anda, semakin aman pula mobil Anda dari incaran pencuri.

Jika Anda menyimpan barang-barang berharga di bagasi, parkirkan mobil Anda dengan posisi belakang menghadap ke luar. Dengan begitu, pencuri pun tidak dapat leluasa untuk membongkar bagasi Anda.

3. Parkir Sendiri

213551_150045_valet3

Walaupun fasilitas valet parking cukup aman, tapi bukan berarti barang-barang Anda di dalam mobil aman dari pencurian, terutama hal-hal kecil seperti uang receh.

Karena itu, jika memungkinkan, parkirkan sendiri kendaraan Anda. Walaupun agak merepotkan, tapi setidaknya lebih aman.

4. Alat Pengaman Tambahan

pecah

Beberapa pencuri akan mengambil sekaligus seluruh mobil Anda daripada hanya mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil. Setelah mengambil barang-barang berharga, pencuri itu dapat menjual mobil ke penadah. Karena itu, jangan lupa untuk memarkir kendaraan di tempat yang berpenerangan baik dan ramai dilalui orang. Selain itu, gunakan alat pengaman tambahan seperti kunci setir dan alarm mobil. Jika ada pencuri yang berusaha mencongkel kendaraan Anda dan melihat ada kunci setir serta tanda alarm yang berkedip-kedip, kemungkinan besar pencuri itu akan mengurungkan niatnya untuk mencongkel mobil Anda.

5. Rapikan Isi Mobil

135136_theft

Sebelum melakukan aksinya, pencuri biasanya akan mengintip terlebih dahulu ke dalam mobil Anda. Apabila pencuri melihat ada pakaian atau handuk di kursi yang tampak menutupi sesuatu, pencuri mungkin akan berusaha mencari tahu barang berharga apa yang disembunyikan.

Selain itu, kabel-kabel yang berserakan di kursi maupun di sekitar radio mobil juga menandakan bahwa ada barang-barang elektronik yang disembunyikan di dalam mobil.

Karena itu, selalu rapikan isi mobil Anda. Apabila pencuri melihat bahwa isi mobil Anda kosong dan rapi, bisa jadi pencuri tersebut jadi kurang tertarik untuk mencuri.

6. Mengecek Barang-Barang Berharga Sebelum Pergi

ranmor1

Sebelum Anda pergi, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu keberadaan barang-barang berharga yang sebelumnya meninggalkan mobil.

Jangan mengecek barang-barang tersebut ketika Anda sudah pergi jauh. Hal itu juga untuk memudahkan Anda melakukan laporan kepada pihak polisi.

Selain itu, jangan hanya mengecek barang-barang berharga yang tampak di luar. Bisa saja pencuri mengambil kamera atau laptop yang ada di dalam tas, tapi meninggalkan tasnya di dalam mobil sehingga Anda tidak curiga.

Semoga bermanfaat.

Reference

Detik, Sabtu, 30/08/2014 14:52 WIB

Komentar»

1. rizkyrm - Agustus 31, 2014

paling ribet nyembunyiin laptop/kamera
__________
http://kidutblog.wordpress.com/2014/08/31/profil-tim-balap-star-motor/

The Green Blog - September 1, 2014

menurut saya kalau laptop/kamera sebaiknya masuk bagasi saja om…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: