jump to navigation

Press Release: Uji Kompetensi Mekanik, AHM Gelar Final Kontes Keterampilan Teknik September 15, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags: , ,
trackback
(dari kiri kemeja abu-abu) Kepala Wilayah PT Astra International Tbk (AI) - Honda Sales Operation Makassar Denny Teguh, GM Operation AI-Honda Octavianus Dwi Prijanto, Direktur Markting AHM Koichi Mizuno, Deputy Head of Corporate Communication AHM AHmad Muhibbuddin dan GM Technical Service DIvision AHM Wedijanto Widarso memantu persiapan salah satu peserta kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 di Mall Ratu Indah, Makassar (14/9)

(dari kiri kemeja abu-abu) Kepala Wilayah PT Astra International Tbk (AI) – Honda Sales Operation Makassar Denny Teguh, GM Operation AI-Honda Octavianus Dwi Prijanto, Direktur Markting AHM Koichi Mizuno, Deputy Head of Corporate Communication AHM AHmad Muhibbuddin dan GM Technical Service DIvision AHM Wedijanto Widarso memantu persiapan salah satu peserta kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 di Mall Ratu Indah, Makassar (14/9)

PT Astra Honda Motor (AHM) terus menunjukkan konsistensi dan komitmennya dalam memberikan layanan purna jual terbaik. Kali ini diwujudkan melalui peningkatan kompetensi mekanik dalam gelaran Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 yang kini memasuki penyelenggaraan ke-21.

Kegiatan uji kompetensi teknik para ujung tombak bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) ini pertama kali digelar pada tahun 1992. Tahun ini, mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi”, kontes ini diikuti 3.542 mekanik Honda dan 1.564  service advisor Honda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebelum final kontes ini digelar, jaringan main dealer Honda telah menggelar seleksi uji kompetensi teknik. Dari tingkat regional ini, ditetapkan 27 mekanik dan 27 service advisor terbaik dari 3.700 AHASS se-Indonesia. Mereka berhak berkompetisi di tingkat nasional yang tahun ini diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 13-14 September 2014.

Saat berkompetisi, para mekanik diuji untuk menunjukkan kemampuan teknik maupun nonteknik yang meliputi ujian teori ,analisa teknis, praktek penggunaan peralatan bengkel, pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada kendaraan. Adapun para service advisor, mereka diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan. Uji kompetensi dirancang AHM dengan mengacu pada implementasi teknologi injeksi PGM-FI Honda. Sehingga, para mekanik dan service advisor dapat membuktikan kesiapannya memberikan layanan terbaik di era injeksi, di mana saat ini semua sepeda motor Honda telah berteknologi injeksi yang ramah lingkungan.

Mekanik dan service advisor yang terpilih sebagai pemenang dalam kontes ini berhak mendapatkan hadiah utama masing – masing 1 unit motor Honda Verza 150 CW, paket tour wisata bagi 3 pemenang utama, serta hadiah lainnya untuk pemenang ranking 2 hingga 10, serta juga berhak mendapatkan beragam hadiah tambahan dari para sponsor.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan dengan semangat memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen, perusahaan mengadakan kontes keterampilan teknik ini untuk memotivasi peningkatan kompetensi, kemampuan, dan keterampilan mekanik dan service advisor di bengkel AHASS sehingga mereka mampu memberikan layanan terbaik sejalan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda.

Sebelumnya, dalam rangka implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda , AHM juga melakukan uji kompetensi teknik sepeda motor terhadap 745 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari 127 SMK Binaan Honda tersebar di seluruh Indonesia melalui kegiatan kontes keterampilan teknik tingkat SMK (5-6 Juni 2014). Kontes keterampilan teknik tingkat SMK ini sudah memasuki tahun ke-5.

KTSM Honda dan Kontes Keterampilan Teknik tingkat SMK merupakan bagian dari upaya AHM dalam mendukung program Link and Match dunia industri dan dunia pendidikan khususnya SMK. Harapannya, para siswa SMK yang mengikuti program ini dapat menjadi generasi muda yang handal dan terampil sesuai perkembangan teknologi. Hingga saat ini, AHM telah mengembangkan KTSM Honda di 190 SMK seluruh Indonesia dan akan terus bertambah sejalan dengan perkembangan SMK binaan Honda.

Pusat Pelatihan Teknik

Peserta kategori Service Advisor tengah menjalani uji praktik pada ajang Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 di Mall Ratu Indah, Makassar (14/9)

Peserta kategori Service Advisor tengah menjalani uji praktik pada ajang Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 di Mall Ratu Indah, Makassar (14/9)

Dalam rangka menyiapkan keterampilan mekaniknya, AHM bersama jaringan main dealernya membangun Training Center yang berfungsi sebagai kawah candradimuka pengasah kompetensi para mekanik-mekanik Honda. Saat ini terdapat 27 Training Center yang tersebar di seluruh Indonesia. AHM sendiri memiliki Pusat Pelatihan Teknik yaitu Astra Honda Training Center (AHTC) yang berlokasi di Jakarta ini didirikan sejak tahun 2004.

Sebagai pusat pelatihan mekanik, AHTC memiliki fasilitas dan peralatan yang lengkap dan canggih, seperti pit kerja bengkel layaknya bengkel resmi AHASS, ruang pembekalan materi, ruang workshop lengkap dengan simulator komponen mesin sepeda motor.

Selain itu, AHTC juga memiliki instruktur-instruktur mekanik terlatih dan bersertifikasi dari Honda Motor Jepang, fasilitas akomodasi, perpustakaan, dan ruang makan khusus yang siap digunakan untuk mendukung para mekanik saat berlatih secara periodik di tempat ini.

Setiap tahun, para instruktur teknik di AHTC melatih kompetensi teknik sekitar lebih dari 1.000 orang pemilik dan pimpinan bengkel Honda hingga mekanik-mekanik Honda seluruh Indonesia. Mereka secara periodik memperbarui pengetahuan dan keterampilan mekanik AHASS dengan teknologi terbaru yang diimplementasikan pada sepeda motor Honda.

Keberadaan AHTC ini menarik minat masyarakat luas untuk menimba ilmu teknik sepeda motor. Secara periodik, AHTC memberikan pelatihan dan berbagi ilmu teknik dan pengetahuan tentang teknologi Honda kepada berbagai perwakilan masyarakat mulai dari institusi pemerintah, perusahaan, sekolah, hingga komunitas masyarakat.

“Training Center Honda merupakan bagian dari komitmen kami untuk tak pernah berhenti meningkatkan kompetensi teknik para mekanik Honda. Selain itu, sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat, Training Center Honda juga terbuka untuk masyarakat yang ingin menimba ilmu dari para instruktur teknik berpengalaman yang kami miliki.”

Peserta kategori Service Advisor tengah menjalani uji praktik pada ajang Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 di Mall Ratu Indah, Makassar (14/9)

Peserta kategori Service Advisor tengah menjalani uji praktik pada ajang Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 di Mall Ratu Indah, Makassar (14/9)

Berikut adalah para pemenang kontes keterampilan teknik Nasional 2014  :

Best Technician (Mechanic)

  1. Nispi Rohmansyah perwakilan PT AI Tbk. – Honda Sales Operation Semarang
  2. Sobirin perwakilan PT Daya Adicipta Mustika
  3. Moch. Syamsudin perwakilan PT Mitra Pinasthika Mulia

Best Service Advisor

  1. Agus Pratama perwakilan PT Tunas Dwipa Matra
  2. Dodi Ahmad Handoko perwakilan PT Daya Adicipta Mustika
  3. Nur Hariyanto perwakilan PT Mitra Pinasthika Mulia

Best Team

PT AI Tbk. – Honda Sales Operation Semarang

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: