jump to navigation

Fungsi Utama Rear Grip Pada Sepeda Motor Oktober 3, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags:
trackback

Rear Grip

Lagi asik-asik nyimak percakapan di group whatsapp D’Gujubar tiba-tiba rekan blogger yang dikenal dengan nama ndesoedisi memposting gambar seperti yang TGB attach di atas. Percakapan antara rider dan boncenger boleh diabaikan.

Yang ingin TGB bahas adalah fungsi utama daripada rear grip pada sepeda motor.

Menurut pengamatan TGB, fungsi daripada rear grip pada sepeda motor yang paling utama adalah sebagai pegangan boncenger.

Kalau kita melihat gambar diatas dimana posisi rider menunduk dan jarak antara rider dan boncenger cukup jauh maka yang paling ideal adalah boncenger memegang rear grip bukan nemplok memeluk sang rider.

Kenapa?

Karena kalau boncenger nemplok memeluk sang rider yang terjadi adalah seluruh bobot rider ditambah bobot boncenger tertumpu pada lengan sang rider. Kalau kejadian tersebut berlangsung lama maka lengan sang rider akan tegang dan akan terjadi keram di sekujur tangan beserta kesepuluh jarinya.

Kalau semua itu sudah terjadi maka refleks untuk mencengkram rem dan kopling akan berkurang dan tentu saja akan membahayakan rider dan boncenger.

Kalau sudah begini ya gak safety lagi namanya. Betul gak Mas bro.

Semoga bermanfaat.

Top Posts:

Komentar»

1. Kobayogas - Oktober 3, 2014

rear grip hanya untuk yang gak mau pegangan sama ridernya😛

The Green Blog - Oktober 3, 2014

yang gak ada feeling hehehe😉

2. ndesoedisi - Oktober 3, 2014

hadir….
wah mantap Om, saya malah ga kepikiran sampai kesana:mrgreen:

The Green Blog - Oktober 3, 2014

last minute kang…hehe…

3. Hermawan - 4G92Mivec - Oktober 3, 2014

Biar punggung ridernya ga bolong dua😀

The Green Blog - Oktober 3, 2014

hahaha…. modus ituh😀

Hermawan - 4G92Mivec - Oktober 3, 2014

wkwkwk…pengalaman #ehh

The Green Blog - Oktober 3, 2014

Jiah ketahuan wkwkwk

4. KLX Adventure - Oktober 3, 2014

Rear grip untuk yang lagi PDKT😛

===========

Diablo 200x, Motor Apa Ini? http://klxadventure.com/2014/10/03/diablo-200x-motor-apa-ini/

The Green Blog - Oktober 3, 2014

modus rider hehehe…

5. yadisuciyadi - Oktober 3, 2014

nice post gan

The Green Blog - Oktober 3, 2014

senangnya berbagi gan…

6. reza@buitenzorg - Oktober 3, 2014

makanya rear grip motor ane dilepas biar yang dibonceng jadi ” nangkod ” hehehe..

The Green Blog - Oktober 3, 2014

modus orang bogor… dingin-dingin empuk hehehe….

7. sijidewe - Oktober 23, 2014

buat mindahin / geser

The Green Blog - Oktober 23, 2014

nah itu benar banget mas…

8. aiefz - Oktober 23, 2014

buat boncenger cwo biar gak meluk:mrgreen:

The Green Blog - Oktober 23, 2014

Bener juga om aiefz😉

9. cukimay - Oktober 23, 2014

Berarti yg ndak pake grip motor alay donk🙂

The Green Blog - Oktober 23, 2014

tergantung om… kalau saya ngeliatnya begini… kalau memang bawaan pabriknya gak ada rear grip berarti memang peruntukannya bukan untuk boncengan…. kalaupun ada boncengannya dan bisa dipakai untuk boncengan tetap keamanannya sedikit kurang antisipasinya ya adalah peluk si rider hehe… nah kalau bawaan pabriknya ada rear grip dan dicopot demi estetika semata ya berarti faktor keselamatannya untuk boncengernya berkurang…

10. lonkpark - Oktober 23, 2014

tp yg gw rasakan kalo b0ncenger pegangan rear grip malah ga seimbang jd berat ke belakang

The Green Blog - Oktober 23, 2014

berarti bisa disesuaikan dengan keadaan juga mas bro… ada saat kita meluk rider, ada saat kita gak pegang apa-apa dan ada saat kita pegang rear grip…

11. orong-orong - Oktober 23, 2014
The Green Blog - Oktober 23, 2014

Yup bisa buat geser motor juga om…

12. adhyg13 - Oktober 23, 2014

tapi kalo boncenger gitu malah susah dibonceng, enakan mepet rider jadi ngikut gerak rider pas manuver. jadi gak kaya bonceng beras sekarung😀

The Green Blog - Oktober 23, 2014

Tergantung posisi motornya juga kali ya om… ada yg cocok pegang rear grip ada juga yang cocok mepet rider…

13. sebastian - Oktober 23, 2014

Maaf nih klo salah koreksi ya setauku waktu aku baca dan ada kampanye safety riding yg dibelakang malah harus deket sama pengemudi biar yg dibelakang bisa ngikuti gerakan pengemudi dan motor bisa lincah krn keseimbangan mudah kekontrol, dan rear grip fungsinya mempermudah untuk standart tengah,.. IMHO

The Green Blog - Oktober 23, 2014

terima kasih bro sebastian atas inputnya… sebenarnya fungsi reargrip banyak bisa buat pegangan boncenger, bisa buat pegangan untuk memudahkan parkir saat standar tengah, atau geser-geser motor saat parkir. selain itu juga buat ikat jas ujan atau tas dengan memerlukana alat bantu seperti cargo net. kampanye safety riding benar sekali boncenger sedekat mungkin dengan rider agar seimbang. tetapi untuk motor tertentu seperti matic bongsor agak sulit karena posisi antara jok rider dan jok boncenger berjauhan. oleh karena itu rear grip sangat membantu sekali.

14. Van D Teach - Oktober 23, 2014

Kalau saya milih motor yang safety dan comfortable buat boncenger. Hidup rear grip!
Hehehe…

The Green Blog - Oktober 23, 2014

yeay!

15. Buntutnya Bertanduk, Motor Apa Namanya? | Sing Indo - Mei 15, 2015

[…] Baca juga: Fungsi Utama Rear Grip Pada Sepeda Motor […]

16. AquariuZ Aquaristik - Mei 23, 2015

Ya berarti sesuai dengan kondisi dan syarat jalan ya Kang?

The Green Blog - Mei 25, 2015

iya kang….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: