jump to navigation

Pameran Otomotif Paling Bergengsi di Indonesia Oktober 3, 2014

Posted by The Green Blog in Automotive, Car, Motorcycle.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

IIMS 2014

Jika ada satu hal yang menyatukan orang-orang dari seluruh dunia untuk berkumpul di satu tempat diluar tradisi keagamaan, itu adalah karena kecintaan terhadap otomotif.

Pameran kendaraan bermotor baik mobil maupun motor adalah salah satu event terbesar dalam industri otomotif, dan pameran itu menarik orang-orang dari berbagai negara di dunia. Selain menjadi ajang produsen kendaraan untuk unjuk gigi produk-produk terbarunya, pameran mobil maupun motor juga berfungsi untuk menampilkan ide-ide maupun mobil atau motor konsep untuk menarik antusiasme pengunjung.

Intinya, pameran otomotif adalah ajang untuk memamerkan mobil atau motor terbaik dari setiap produsen. Di dunia ini mungkin ada ratusan, bahkan ribuan, pameran otomotif yang diselenggarakan tiap tahunnya.

Beberapa di antaranya berskala sangat besar, tapi ada juga yang berskala sedang-sedang saja. Namun, intinya adalah sama saja, yakni pengunjung datang untuk melihat mobil-mobil terbaru yang dipamerkan.

Berikut ini TGB tampilkan 2 pameran otomotif terbesar di Indonesia yang diolah dari berbagai sumber.

1. Indonesia International Motor Show (IIMS)

iims

Pesta industri otomotif tanah air, Indonesia International Motor Show 2014 baru saja usai 5 hari lalu. Pameran yang berlangsung tanggal 18 – 28 September 2014 itu bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran dan menduduki lahan seluas 83.137 m² atau naik 10% dibanding luas lahan yang digunakan untuk pameran tahun 2013 lalu. Pameran ini bukan hanya menjadi acuan para pelaku industri otomotif di Indonesia tetapi juga pelaku industri otomotif di Asia Tenggara. IIMS menjadi bukti sahih bahwa kemajuan perkembangan industri otomotif Indonesia emang moncer.

Tidak kurang dari 36 brand International dalam naungan Gaikindo ikut serta dalam event tahunan ini mulai dari Alfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, VW, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna dan UD Trucks.

Selain yang disebutkan diatas ratusan perusahaan dari industri pendukung yang tampil dengan nuansa yang seirama dengan tema tahun 2014 ini “Smart and Safe Mobility”.

Tema pilihan IIMS 2014 “Smart & Safe Mobility”, merupakan bentuk komitmen GAIKINDO mendukung dan mensosialisasikan cara cerdas bertransportasi dengan memanfaatkan teknologi dan sistem yang terintegrasi yang saling berhubungan dengan infrastruktur kendaraan.

Tapi ingat Mas bro teknologi mutakhir yang digunakan pada produk mobil tidak akan efektif tanpa adanya kesadaran pengendara. Sekali lagi kesadaran pengendara.

2. Indonesia Motorcycle Show (IMOS)

IMOS

Hanya berselang 31 hari dari IIMS 2014 yang berakhir tanggal 28 September 2014, Pameran sepeda motor paling bergengsi di Indonesia akan kembali digelar pada akhir Oktober 2014. Untuk tahun ini tidak lagi menggunakan nama Jakarta Motorcycle Show (JMCS) melainkan Indonesia Motorcycle Show (IMOS). Perubahan nama ini dilakukan agar pameran lebih mudah dikenal oleh dunia dan organizernya pun sudah bukan Dyandra lagi.

Pantesan aja TGB ngubek-ngubek website Dyandra kok gak nemu-nemu Jakarta Motorcycle Show aka JMCS. Untung aja TGB tanya-tanya ke blogger senior stephenlangitan.com yang sudah menjalani kiprahnya di dunia blog sejak tahun 2008 silam. Dari beliau pulalah TGB banyak mendapatkan informasi mengenai IMOS ini.

Pameran yang akan berlangsung tanggal 29 Oktober s.d. 2 November 2014 akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Segudang hal menarik yang patut ditunggu misalnya banyak produk yang dilaunching di INTERMOT “disinyalir” bakal ikut mejeng di ajang IMOS ini. Mulai dari Suzuki GSX-S1000, Suzuki GSX-S1000F, Kawasaki Supercharged H2R, Kawasaki Versys 1000, Kawasaki Versys 650, Yamaha 01GEN concept, Yamaha XJR1300, Yamaha XJR1300 Racer, MYamaha T-07 ‘Moto Cage’ edition dan tentunya masih banyak lagi. Untuk pastinya datang sendiri aja bro..

So, untuk para penggila roda dua wajib kudu harus dateng ke event dua tahunan ini kalau gak mau ketinggalan informasi.

Kenapa IIMS TGB tempatkan di urutan nomor satu?

Alasan utama tentu saja adalah rekor transaksi penjualan mobil yang menembus angka Rp. 5.456.759.380.000 dimana ada kenaikan sekitar 11% dari tahun lalu yang membukukan angka Rp 4,9 triliun.

Selain rekor transaksi yang fantastis pameran ini juga mencatat total pengunjung sebanyak 380.365 orang dimana ada kenaikan sekitar 2% dari tahun lalu yang tercatat di angka  373.661 orang.

Bagaimana dengan Jakarta Fair aka Pekan Raya Jakarta (PRJ)?

Sebenarnya Jakarta Fair juga layak masuk kategori pameran otomotif bergengsi di Indonesia hanya saja di Jakarta Fair tidak hanya memamerkan otomotif tetapi apa aja ikut dipamerkan alias PALUGADA (Apa Elu Mau Gue Ada). Jadi agak kurang pas kalau disebut pameran otomotif.

Tidak jarang pabrikan melaunching produknya atau hanya refreshment produk saat event Jakarta Fair. Terekam dalam ingatan TGB Yamaha YZF-R25 juga ikutan mejeng di ajang ini. Sayangnya waktu TGB ke Jakarta Fair bulan Juni lalu Yamaha YZF-R25 masih disarungin.

Semoga bermanfaat.

Komentar»

1. KLX Adventure - Oktober 3, 2014

IMOS kayaknya menarik banget nih

===========

Benelli Python 200, Motor Dual Sport yang Lebih Berorientasi pada Penggunaan di Jalan Raya http://klxadventure.com/2014/10/02/benelli-python-200-motor-dual-sport-yang-lebih-berorientasi-jalan-raya/

The Green Blog - Oktober 3, 2014

Dateng om… seru bgt kek na…

2. Ferboes Richardson - Oktober 3, 2014

IIMS yang menarik SPG nya *eehhh
Motornya ding…:mrgreen:
Nitip ikan buaya ya….😀
http://ferboes.com/2014/10/03/ikan-buaya-itu-namanya-aligator/

The Green Blog - Oktober 3, 2014

Dua dua nya broh wkwkwk

3. prasetyo676 - Oktober 4, 2014

IMOS layak ditunggu nih…

The Green Blog - Oktober 4, 2014

catat tanggal mainnya om…

4. orong-orong - Oktober 4, 2014
The Green Blog - Oktober 4, 2014

Apa aja ada ya…

5. chakim92 - Oktober 4, 2014
The Green Blog - Oktober 4, 2014

IMOS mas akhir bulan masih ada waktu🙂

6. samzurry - Oktober 7, 2014

Owalah pantesan dari kemaren heran koq pada nyebut imos yak
Padahal taun kemaren ane dateng acaranya kalongak salah namanya jakarta international motor show (JIMS)

The Green Blog - Oktober 7, 2014

Iya om… katanya biar cakupannya lebih nasional jd mudah dikenal dunia…

7. Dimas Prayogo - November 7, 2014

Saya tertarik dengan informasi mengenai artikel diatas.
Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai perkembangan bisinis didunia.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pusat StudiManajemen Industri Kecil dan Mikro yang bisa anda kunjungi di Pusat StudiManajemen Industri Kecil dan Mikro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: