jump to navigation

Disiplin Dalam Berkendara Adalah Segalanya Oktober 9, 2014

Posted by The Green Blog in Motorcycle.
Tags:
trackback

Melanjutkan postingan yang TGB publish beberapa bulan lalu tentang budaya berkendara lebih penting daripada fitur canggih sekalipun (klik disini). Dan juga penilaian Badan Kesehatan Dunia yang diberitakan oleh www.bin.go.id bahwa kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir ini, kecelakaan lalu lintas di Indonesia oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dinilai menjadi pembunuh terbesar ketiga, di bawah penyakit jantung koroner dan tuberculosis/TBC. Data WHO tahun 2011 menyebutkan, sebanyak 67 persen korban kecelakaan lalu lintas berada pada usia produktif , yakni 22 – 50 tahun. Terdapat  sekitar 400.000 korban di bawah usia 25 tahun yang meninggal di jalan raya, dengan rata-rata angka kematian 1.000 anak-anak dan remaja setiap harinya. Bahkan, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab utama kematian anak-anak di dunia, dengan rentang usia 10-24 tahun.

Angka Kecelakaan

Berdasarkan informasi diatas sudah selayaknya kita untuk saling mengingatkan untuk selalu berhati-hati dijalan dengan mematuhi segala rambu-rambu dan tentu saja dengan pemakaian safety gear yang cukup.

Minimal helm lah. Kalau helm aja udah gak mau pake yo wes mau ngomong apa lagi?

Sebelum kita membahas lebih lanjut kita harus tau apa itu definisi disiplin. Menurut informasi yang TGB dapat dari id.wikipedia.org definisi disiplin adalah sebagai berikut.

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya

Nah disinilah letak kekuatan kata disiplin yaitu perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai.

Screenshot_2014-05-27-07-48-51

Mengambil contoh dari negara tetangga yang hanya berjarak 26.68km dari Indonesia yaitu Singapore, disiplin berkendara sangat terasa.

Foto yang sempat TGB abadikan saat naik bis tingkat menuju kantor memperlihatkan bahwa tidak satupun mobil maupun motor mengambil jalur busway yang hanya diberi batas cat berwarna kuning.

Jalur Busway Jalur Busway Jalur Busway

Pemakaian safety gear walaupun tidak komplit tapi setidaknya helm selalu nemplok melindungi batok kepala dan itu sudah cukup sebagai syarat utama menaiki sepeda motor (klik disini) dan (klik disini).

wpid-20140805_183011.jpg140105 19140105 17

Ada sesuatu yang menggelitik TGB, yaitu motornya Sport Yamaha tapi plat nomornya FBH. Makanya TGB sempet-sempetin ambil fotonya hehe...

Ada sesuatu yang menggelitik TGB, yaitu motornya Sport Yamaha tapi plat nomornya FBH. Makanya TGB sempet-sempetin ambil fotonya hehe…

Gambar di atas merupakan bukti sahih bahwa perasaan taat dan patuh benar-benar ditegakkan di negara kecil berpenduduk 5.4 juta jiwa ini.

Lain di Singapore lain pula di Indonesia, Negara yang terkenal dengan keramah-tamahannya dan juga kesopan-santunannya berubah menjadi sangar dan bengis tatkala berada di jalan raya (klik disini). Seolah apa yang sudah kita pelajari mulai dari bangku SD pun sirna.

Melawan arah dan menerobos busway140614 150Ugal Ugalan

Jangan dicontoh

Jangan dicontoh

Jangan dicontoh

Jangan dicontoh

Jangan dicontoh

Jangan dicontoh

Gambar di atas benar-benar menggambarkan ketidakpedulian para pengendara akan kedisiplinan dalam berkendara.

Artikel ini merupakan reminder kepada diri TGB pada khususnya dan reminder kepada Mas bro dan Mbak sis pada umumnya bahwa disiplin dalam berkendara adalah segalanya.

Semoga bermanfaat.

Komentar»

1. dhanyfirdaus - Oktober 9, 2014

soalnya disana ketat pengawasannya dan besar dendanya jika melanggar. Nga ada cerita sogok menyogok dijalan. dapat SIM aja disana susah. dan jangan coba-coba bwa kendaraan tanpa SIM disana.

di sini……, cincai lah. kalau Dapat sim dipersulit, nga masalah juga. asal nga apes kena razia aja….

The Green Blog - Oktober 9, 2014

Komplex bener ya permasalahan di tanah air… harus mulai dari mana ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: