Hunting Ban Tubeless untuk Kawasaki Ninja 150 L

Pertengahan November 2014 TGB berniat untuk membawa tunggangan semata wayang ke Batam. Oleh karena itu sebelum pindah ada beberapa hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah mengganti ban standar pabrik dengan ban tubeless.

Karena sudah tiga tahun tinggal di Singapore jadi agak kurang update dimana tempat hunting ban tubeless yang cukup komplit dan gak bikin ribet di Jakarta.

Setelah chat dengan Kobayogas.com beberapa waktu lalu akhirnya TGB memutuskan untuk mengikuti saran beliau yaitu mencari ban tubeless di Planet Ban karena outletnya yang banyak tersebar di beberapa lokasi dekat kediaman rumah TGB di bilangan Rawamangun dan yang pasti gak ada calo-nya.

Selain itu Planet Ban yang disupport oleh beberapa supplier mulai dari Michelin, FDR, Indotire, Battlax, RCA, Swallow, Corsa, IRC, Zeneos dan Aspira ini membuat kita nyaman gak perlu pindah-pindah toko karena hampir semua brand tersedia. Tinggal kita memilih ban yang sesuai dengan spesifikasi velg nya.

Memang tidak gampang untuk mendapatkan ban tubeless untuk Ninja 2 tak ini karena ukuran ring yang berbeda.

Perbedaan ring depan dan ring belakang yang berbeda ukuran semakin menambah kesulitan dalam mendapatkan kombinasi pilihan yang cocok antara merk ban, ukuran ban dan juga ketersediaan stok ban di Planet Ban.

Ban depan ukuran 2.75-17

Ban depan ukuran 2.75-17

Ban belakang ukuran 3.00-18

Ban belakang ukuran 3.00-18

Planet Ban pertama yang TGB kunjungi adalah Planet Ban Dermaga disana TGB gak mendapatkan kombinasi yang pas untuk velg 17 dan velg 18. Perjalanan pun dilanjutkan ke Planet Ban Planet Ban Cipinang disanapun TGB gak mendapatkan kombinasi yang cocok. Akhirnya perjalanan pun TGB lanjutkan ke Planet Ban Pondok Kopi dan akhirnya disinilah TGB menemukan kombinasi yang pas.

Planet Ban Pondok Kopi

Setelah berdiskusi dengan mekanik akhirnya diputuskan untuk membeli ban tubeless merk FDR Sport XT dengan ukuran 90/80-17 untuk depan dan 110/80-18 untuk belakang.

FDR Sport XT 90/80-17FDR Sport XT 110/80-18

Dan pengerjaan pun dilakukan oleh mekanik yang terlatih dibantu alat yang memadai sehingga waktu pengerjaan lebih cepat dan hasil yang lebih baik tanpa mencederai velg.

Pemasangan Ban TubelessPemasangan Ban TubelessPemasangan Ban TubelessPemasangan Ban TubelessPemasangan Ban Tubeless

Pemilihan ban belakang agak tricky karena ada mud guard. Supaya ban baru masuk tanpa ada ubahan maka dipilihlan ban ukuran 110/80-18 dan alhamdulillah hasilnya pas mantap.

Mud Guard

Menurut mekaniknya mumpung ganti ban sebaiknya juga ditambahkan cairan khusus ban tubeless yang salah satunya berfungsi sebagai penambal otomatis dari dalam ban, sehingga melindungi ban secara maksimal dari kebocoran tertusuk paku dan benda tajam di jalan.

X-GuardPemasangan X-Guard

Berikut biaya yang TGB keluarkan untuk penggantian ban tubeless untuk Kawasaki Ninja 150 L di Planet Ban Pondok Kopi:

  1. FDR tubeless Sport XT 90/80-17                Rp 345.000
  2. FDR tubeless Sport XT 110/80-18              Rp 439.000
  3. Pentil besi tubeless pendek @Rp 7.000  Rp    14.000
  4. X-Guard anti bocor 500 ml                           Rp    38.000
  5. X-Guard anti bocor 350 ml                           Rp    33.000

Semoga bermanfaat.

Top Posts:

Pos ini dipublikasikan di Motorcycle dan tag , , , , . Tandai permalink.

30 Balasan ke Hunting Ban Tubeless untuk Kawasaki Ninja 150 L

  1. travelmotoblog berkata:

    Wah tinggal di rawamangun bro? deket nih, gue di Utan Kayu.. Kalo ada kumpul blogger ikut dong hehe.. tapi gue newbie nih 😀

    ————————-
    Nitip, kok R3 cuma 42PS?

    http://travelmotoblog.wordpress.com/2014/10/21/r25-36ps-kenapa-r3-hanya-42ps/

  2. KLX Adventure berkata:

    Baru tau kalau ukuran diameter ban Ninja 150L beda antara depan dan belakang

    ===========

    Unboxing 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP, Action Cam Murah Meriah http://klxadventure.com/2014/10/21/unboxing-8ten-action-camera-orange-edition-sdv-1270-1-3-mp/

  3. Ferboes.com berkata:

    Saya juga pengen pake ban tubeless plus cairan anti bocor. Soalnya rute cemput-grogol banyak ranjau paku 😦

  4. dhanyfirdaus berkata:

    berasa tuh khasiat anti bocornya pas velg palang motor dirumah sedikit penyok hantam lubang.,,, itupun baru tau velg sedikit peang pas lihat di ban kok ada noda seperti lem warna hitam, pas diraba taunya velgnya agak peang disana

  5. polenkmerkesenk berkata:

    Pondok kopi deretan malaka itu ya?
    Review cairannya bro?
    Salken ane dr Duren Sawit

  6. Ping balik: Pengalaman Kirim Motor Dari Jakarta Ke Batam | Sing Indo

  7. Ping balik: Pesona Kawasaki KZ200 Yang Melegenda | Sing Indo

  8. Ping balik: Ninja Batam Club Berbakti Sosial di Panti Asuhan Miftahul Hasanah | Sing Indo

  9. danisubject berkata:

    lek . pelk asli ninja kan untuk tube type kan ? kalo ganti tubeless emang bisa ? aku baca di kawasaki tukisanya tube type

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s