jump to navigation

Recall: Apa dan Bagaimana? November 3, 2014

Posted by The Green Blog in Automotive, Car, Motorcycle.
Tags:
trackback

Total Recall

Belakangan sedang terjadi banyak sekali penarikan kembali atau recall di industri otomotif dunia, salah satunya adalah dari produsen GM (General Motors) yang menarik kembali kembali 16 juta unit mobilnya yang telah dijual.

Para pemilik kendaraan tentu tidak ingin mobilnya mengalami proses recall. Namun, demi alasan keselamatan, mau tak mau para pemilik kendaraan harus rela mobilnya diambil lagi untuk diperbaiki. Sebenarnya, apakah dengan recall itu dan bagaimana prosesnya? Berikut ini TGB berikan ulasannya.

Apa itu recall?

Product Recall

Recall dalam industri otomotif adalah suatu keadaan ketika produsen mobil menyatakan akan menarik kembali kendaraan yang telah diproduksi massal karena adanya kerusakan salah sistem yang ada di dalam mobil tersebut.

Umumnya kerusakan tersebut adalah yang menimbulkan kecelakaan. Yang perlu dicatat, produsen tidak akan mengganti sepenuhnya mobil Mas bro dengan mobil baru, melainkan hanya memperbaiki bagian yang rusak.

Apa yang harus dilakukan ketika mobil Mas bro ditarik kembali?

Bagi beberapa orang, recall menimbulkan rasa kekecewaan karena berarti mobil yang mereka telah beli memiliki kerusakan, serta konsumen berarti harus rela beberapa waktu tidak menggunakan mobil.

Namun, jika Mas bro berpikir positif, Mas bro akan menanggapi recall tersebut sebagai upaya produsen mobil untuk bertanggung jawab dalam menangani kerusakan kendaraan yang telah diproduksi secara massal, bahkan jauh setelah masa garansi habis.

Akan tetapi, tidak semua mobil dengan tipe sama akan mengalami recall. Hanya beberapa jenis saja yang memiliki kesamaan kerusakan, dan bisa saja salah satunya ada pada mobil Mas bro.

Karena itu, begitu mengetahui bahwa mobil Mas bro termasuk yang kena recall, segera datangi dealer mobil Mas bro dan mintalah untuk melakukan perbaikan terhadap mobil Mas bro.

Jika mengetahui bahwa mobil Mas bro termasuk yang di-recall tapi belum diperbaiki, sebaiknya Mas bro membatasi diri untuk menggunakan mobil tersebut. Produsen atau dealer juga akan menyarankan Mas bro untuk tidak menggunakan mobil tersebut hingga  diperbaiki.

Bagaimana cara mengetahui mobil Mas bro termasuk di-recall atau tidak?

Ketika proses recall telah diumumkan, produsen mobil tersebut atau dealer diharuskan untuk menghubungi para konsumennya untuk menarik kembali mobil yang rusak. Ketika membeli mobil baru, dealer tentu memiliki data pribadi dan alamat Mas bro.

Karena itu, Mas bro akan menerima pemberitahuan melalui surat, telepon, maupun email mengenai pemanggilan kembali mobil Mas bro.

Jika Mas bro mengetahui adanya recall terhadap mobil Mas bro melalui berita, bukan dari dealer, Mas bro dapat mengontak langsung produsen atau dealer mobil Mas bro untuk menanyakan mengenai kendaraan Mas bro. Mas bro tinggal memberitahukan nomor VIN (Vehicle Identity Number) mobil Mas bro kepada produsen atau dealer untuk mengetahui apakah mobil Mas bro di-recall atau tidak. VIN dapat dilihat pada dashboard sisi pengemudi atau pada pintu sisi pengemudi.

Bagaimana jika Mas bro merupakan pemilik kedua atau ketiga?

Jika Mas bro membeli mobil bekas dan ternyata mobil tersebut terkena recall, Mas bro dapat menghubungi produsen mobil atau dealer dan mengatakan bahwa Mas bro adalah pemilik baru mobil tersebut.

Produsen dan dealer kemudian akan meminta data lengkap Mas bro untuk kepentingan di masa depan. Walaupun Mas bro bukan pemilik pertama mobil tersebut, Mas bro tetap berhak untuk mendapatkan perbaikan mobil melalui proses recall.

Sumber: Detik

Komentar»

1. Kobayogas - November 3, 2014

juosssss

The Green Blog - November 3, 2014

Mantap… support motorrio…

Kobayogas - November 3, 2014

benulll

2. monkeymotoblog - November 3, 2014

Spin babeh pernah di recall

Pengen tau harga moge BMW? monggo mampir masbro, hehe
http://monkeymotoblog.com/2014/11/03/tematis-imos-2014-bongkar-booth-probike-motorad-pricelist-merem-melek/

The Green Blog - November 4, 2014

Harganya nyaingi mobil😦

3. Airbag Bermasalah Honda Indonesia Recall Ribuan Honda City | Sing Indo - Januari 1, 2015

[…] Recall: Apa dan Bagaimana? (klik disini). […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: