jump to navigation

Tips Memperpanjang Umur Mobil November 6, 2014

Posted by The Green Blog in Car.
Tags: , , , , ,
trackback

Jika tidak ingin mobil Mas Bro sering-sering masuk bengkel, berarti Mas Bro harus secara rutin mengecek kesehatan mobil Mas Bro walaupun sedang tidak bermasalah.

Pengecekan tersebut tidak hanya akan memperpanjang umur mobil Mas Bro, tapi juga akan mempertahankan harga jualnya kembali. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan rutin yang dapat Mas Bro lakukan sendiri di rumah agar mobil Mas Bro berumur panjang.

1. Oli dan Air

Ganti Oli

Jangan takut untuk memeriksa mesin mobil Mas Bro, asalkan Mas Bro melakukannya ketika mesin mobil dalam keadaan dingin.

Mayoritas mobil modern memudahkan pemiliknya untuk memeriksa oli mesin serta jumlah air di radiator serta untuk penyemprot otomatis kaca depan. Hal yang perlu diperhatikan ketika memeriksa cairan di mobil adalah:

  • Ketika memeriksa cairan di mobil, pastikan mobil diparkir di area yang rata serta mesin dalam keadaan dingin.
  • Jangan pernah sekali-kali membuka radiator mesin ketika masih dalam keadaan panas. Selain diri Mas Bro yang akan terkena uap panas, hal itu juga akan menciptakan kantong-kantong udara di dalam sistem pendingin mesin, dan hal itu bisa membuat rusak sistem.
  • Jika air radiator perlu ditambah, gunakan air biasa saja. Jangan menggunakan air pendingin khusus radiator jika Mas Bro tak yakin apakah sesuai dengan air yang sudah ada di radiator sebelumnya. Mencampur air pendingin yang berbeda akan membuat air di dalam radiator malah kenyal seperti jelly.
  • Untuk mengecek level oli mesin, cukup cabut stik penunjuk level oli, bersihkan dengan lap, lalu celupkan lagi ke dalam oli dan lihat tandanya pada stik tersebut.  Level oli mesin jangan pernah sampai kurang atau habis, sebab mesin mobil dapat rusak parah.
  • Jika harus menambah oli mesin, jangan mencampur antara oli biasa dengan oli sintetis.
  • Untuk air penyemprot kaca depan, isi dengan air biasa yang ditambahkan dengan cairan khusus pembersih kaca. Hal itu akan membantu kaca tetap bersih dan tidak rusak. Jangan pernah menggunakan air sabun mandi atau air detergen sebab akan menggumpal di bawah botol penyimpanan air dan merusak sistem saringan air.

2. Aki

Cek Aki

Mayoritas aki terbaru tidak membutuhkan perawatan khusus, yang artinya Mas Bro tidak harus sering-sering mengisi daya baterai.

Biasanya di salah satu bagian aki terdapat tanda yang berwarna, dan tiap warna melambangkan arti tertentu. Jika berwarna hijau, artinya aki dalam keadaan baik-baik saja; jika berwarna putih atau cerah, artinya aki perlu di-
charge; dan jika berwarna merah, artinya aki perlu diganti.

Jika Mas Bro masih menggunakan aki model lama atau aki basah, Mas Bro perlu mengecek air aki tersebut secara rutin. Jangan sampai air aki kosong karena akan berakibat sistem listrik di mobil tidak berfungsi lagi. Ketika mengisi ulang air aki, hati-hati jangan sampai berlebihan karena air aki yang tumpah akan merusak komponen mobil atau cat mobil.

3. Ban

ban

Jangan pernah menganggap remeh kondisi ban mobil. Keempat ban mobil tersebutlah yang membuat mobil Mas Bro melaju dengan aman dan nyaman. Jika kondisi ban sudah rusak atau tekanan anginnya berkurang, konsumsi bahan bakar pun akan lebih boros, dan yang terpenting akan kehilangan daya lekat dengan permukaan sehingga mobil bisa selip.

Karena itu, periksa ban mobil secara rutin, minimal satu kali dalam sebulan, terutama untuk mengecek tekanan angin dan kerusakan secara fisik.

Ketika mengecek ban, selalu lakukan ketika ban dalam keadaan dingin. Untuk mengecek tekanan ban, gunakan alat pengecek tekanan ban, jangan hanya mengecek dari tampilan fisik ban atau dengan menekan ban menggunakan jari.

Tekanan setiap merek ban berbeda-beda, karena itu Mas Bro harus mengecek manual ban tersebut untuk mengetahui tekanan yang tepat. Namun, jika Mas Bro masih ragu-ragu, isi tekanan ban dengan 32 PSI.

Jangan lupa untuk mengecek ban cadangan juga, sebab ban cadangan juga dapat berkurang tekanan anginnya walaupun tidak digunakan.

4. Lampu

lampu hazard

Hal terakhir yang perlu Mas Bro cek adalah kondisi lampu-lampu mobil Mas Bro. Pastikan semua lampu bekerja dengan baik. Mintalah bantuan saudara untuk mengecek ke sekeliling mobil sementara Mas Bro mengoperasikan lampu-lampu dari kursi sopir.

Jangan lupa juga untuk mengecek lampu kabut atau lampu jauh mobil Mas Bro.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Detik.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: