jump to navigation

Ada Apa di Tahun 2015? Yang Udah Pasti Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Bakalan Naik! November 13, 2014

Posted by The Green Blog in Automotive, Car, Motorcycle.
Tags: , ,
trackback

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya melakukan pembenahan untuk mengatasi persoalan kemacetan di Ibukota. Rencananya, Pemprov bakal menaikan tarif pajak progresif terhadap pemilik kendaraan bermotor (PKB) pribadi mulai awal tahun depan.

Pajak Progresiff

Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta Iwan Setiawan mengatakan rencana kenaikan PKB ini tidak berlaku untuk kendaraan umum ataupun kendaraan milik perusahaan.

“Januari nanti targetnya. Kami memberlakukan pajak progresif ya itu untuk mengurangi kendaraan kepemilikan pribadi. Kemacaten juga, supaya masyarakat lebih produktif jangan konsumtif, karena pajaknya mahal,” ujar Iwan usai dialog publik ‘Pembatasan Usia Armada Angkutan Umum’ di Hotel Puri Denpasar, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2014).

Pajak Progresif

Dia pun merincikan contoh kenaikan tarif PKB pribadi dengan kisaran 0,5 persen hingga 6 persen. Hal ini tergantung jumlah kepemilikan kendaraan.

“Progresifitas kendaraan pertama itu 1,5 persen menjadi 2 persen. Kendaraan kedua tarifnya 2 persen jadi 4 persen, kepemilikan ketiga kalau tiga persen jadi enam persen. Kendaraan kepemilikan keempat, kelima, keenam, seterusnya itu kalau sekarang 4 persen nanti jadi 10 persen,” katanya.

Selain mengurangi kemacetan, kenaikan tarif ini juga untuk memenuhi target proporsional PKB pribadi tahun depan yang naik sebesar Rp 6 triliun sampai Rp 7 triliun. Diakuinya, sumbangan PKB untuk APBD cukup besar setiap tahunnya yang berkisar 35 persen.

“Hasil dari itu nanti akan digunakan pemerintah dalam rangka pembelian bus atau transportasi umum. Jadi, supaya mereka beralih, filosofinya itu,” katanya.

pajak-mobil-130828b

Mau tau cara menghitung pajak progresif kendaraan nermotor? (klik disini).

Selain pajak progresif kendaraan nermotor biaya buat SIM A, B, dan C juga naik antara 150% hingga 275% di tahun 2015 (klik disini).

Sumber: Detik

Top Posts:

Komentar»

1. macantua - November 13, 2014
The Green Blog - November 13, 2014

sim naik, pajak naik joss banget hehe

macantua - November 13, 2014

bagus lah biar ga macet

The Green Blog - November 13, 2014

aamiin…biar lancar…

2. wtf170 - November 13, 2014

Selain pajak progresif kendaraan nermotor biaya
buat SIM A, B, dan C juga naik antara 150%
hingga 275% di tahun 2015 (klik disini).
=======
bikin sim aja sekarang d getok 600ribuan…la kl naik apa jadi 1,5 juta

The Green Blog - November 13, 2014

Makin mahal mas….😦

wtf170 - November 13, 2014

😦

3. yusufblog23 - November 13, 2014
The Green Blog - November 13, 2014

tahun 2015 banyak cobaan om… mulai sim naik, pajak naik, bensin naik dan pembatasan kendaraan😦

yusufblog23 - November 13, 2014

waduuuhh… serba susah, rakyat kecil digilas abis..

4. st3v4nt - November 15, 2014

Udah pajak dinaikin, bensin dinaikin, motor gak boleh lewat ERP, + suruh beralih ke kendaraan umum yg lebih mahal….bukan makin kaya malah makin miskin habis deh golongan menengah bawah..😦

The Green Blog - November 15, 2014

Cobaan makin berat saja…

5. Anonim - November 15, 2014

Waduk. Parah. Serbaa naik. Yg kayaaa. Makin. Kaya. Yg. Miskin ttahbah ggaa bisaa . Makann

The Green Blog - November 15, 2014

Makin berat ya om…

6. yekaha2002@yahoo.com - Januari 22, 2015

siapa suruh pilih JKW? semua jadi naik

The Green Blog - Januari 22, 2015

hiks hiks hiks…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: