jump to navigation

Jenis-Jenis Busi Sepeda Motor Januari 12, 2015

Posted by The Green Blog in Car, Motorcycle.
Tags: , , , ,
trackback

Busi motor berguna mendukung performa mesin yang lebih baik. Agar pemakaiannya tepat maka busi harus dipasang tepat pada mesin sepeda motor.

Perhatikan pula beberapa faktor lain seperti kondisi suhu lingkungan tempat mesin atau sepeda motor berada. Sebelum Mas bro salah membeli busi baru, lebih baik kenali dulu 5 jenis busi berikut ini.

1. Busi Standar

Busi yang merupakan bawaan motor dari pabrikan. Busi ini memiliki diameter center electrode rata-rata 2,5 mm. Bagian ujung elektroda terbuat dari nikel. Busi standar bisa dipakai sampai jarak 20 ribu km. Jarak tersebut berlalu ketika kondisi pembakaran normal dan tak dipengaruhi oleh faktor lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan.

2. Busi Iridium

Busi

Busi ini ramai aplikasi tuner buat mesin non standar. Ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center elektroda dari iridium alloy warna platinum buram. Diameter center elektroda 0,6 mm – 0,8 mm. Umur busi berkisar 50 ribu hingga 70 ribu km. Jenis busi ini cocok buat mesin motor besar di atas 150 cc.

3. Busi Platinum

Jenis busi ini disukai oleh kaum bikers dan penyuka touring. Pasalnya, umur busi mencapai 30 ribu km. Memiliki diameter center elektroda 0,5 mm- 0,8 mm. Ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, sehingga pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil.

4. Busi Resistor

Busi tipe ini sering mengecoh konsumen karena memiliki logo R latin dengan font miring. Sehingga banyak pengendara motor yang mengira artinya racing. Sebenarnya R itu artinya resistor.

Busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer dan lainnya. Maka busi cocok sebagai perlindungan perangkat elektronik digital motor.

5. Busi Racing

Sesuai namanya busi ini didesain dan dipersiapkan dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi serta temperatur mesin yang tinggi dan dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration.

Busi Racing memiliki diameter center elektroda yang relatif kecil meruncing macam jarum. Umur busi relatif pendek antara 20 ribu km hingga 30 ribu km.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Detik

Komentar»

1. orong-orong - Januari 12, 2015
The Green Blog - Januari 12, 2015

cocok mas….

2. macantua - Januari 12, 2015
The Green Blog - Januari 12, 2015

lanjut kang…

macantua - Januari 12, 2015
The Green Blog - Januari 12, 2015

biasanya macan tua lebih dalam pembahasannya…

macantua - Januari 12, 2015

ah ga juga, itu kalau lg niat aja hahahahaahahahha

The Green Blog - Januari 12, 2015

hehehe

macantua - Januari 12, 2015

soalnya bahas mendalam juga yang bacanya masih IRIT secara qty hahahahahaha

http://macantua.com/2015/01/12/mio-soul-gt-blue-core-kok-kaya-cbr-thai-dan-ninja-fi-versi-matic-ya/

The Green Blog - Januari 13, 2015

bener kang… apa lagi model saya… harus dibawa santai kalau enggak nantinya nge-blog jadi gak fun lagi…

macantua - Januari 13, 2015

Naaahhh

3. nivikoko - Januari 12, 2015
The Green Blog - Januari 12, 2015

senangnya berbagi kang….

4. Ferboes - Januari 12, 2015

Saya pakai yg standart aja deh

Indonesia Menjadi Negara Terbesar Kedua Pengakses Situs Porno…??? – http://wp.me/p3RQvE-3o0

5. Hermawan - MivecBlog.com - Januari 12, 2015

Nyari Busi standars NGK DIFR6D13 susah bener…😦

http://mivecblog.com/2015/01/11/saatnya-mobil-kecil-pakai-turbo/

The Green Blog - Januari 13, 2015

minta kirim dari temen di JKT aja mas….

Hermawan - MivecBlog.com - Januari 13, 2015

Kalo mentok paling spt itu ntar…

The Green Blog - Januari 13, 2015

di batam sentra otomotif dimana mas?

Hermawan - MivecBlog.com - Januari 16, 2015

maksudnya sentra aksesoris atau bengkel?
Kalau aksesoris di daerah newton dan BMC, kalau bengkel di seipanas mas…

The Green Blog - Januari 18, 2015

noted mas…

Hermawan - MivecBlog.com - Januari 18, 2015

Siipp

6. cadoxs - Januari 12, 2015

mbit saya udah 25rbu busi tetep nyoss

wtf170 - Januari 13, 2015

palingan besok matinya…..
hiattttt kaburrrr

The Green Blog - Januari 13, 2015

jiah kabur juragan….

The Green Blog - Januari 13, 2015

berarti kualitas bensin yang mas isi udah kelas wahid mas….

7. Alki Rahmatullah - Januari 12, 2015

om. Kalau motor saya Revo 100cc mau pake busi iridium bisa nggak? recommended merk apa ya?

The Green Blog - Januari 13, 2015

bisa-bisa aja om… kalau untuk pemakaian standar sebaiknya yang standar juga…

8. wtf170 - Januari 13, 2015

nais inpoh gan….
ane pake yg resistor….mesin injeksi soale

The Green Blog - Januari 13, 2015

senangnya berbagi juragan….

wtf170 - Januari 13, 2015

Lanjutkan mang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: