Alasan Memilih Honda Verza 150 CW di Tahun 2015

Hallo Mas bro dan Mbak sis…

Semenjak Kawasaki Indonesia menghentikan produksi Ninja 150, TGB jadi berpikir untuk tidak memforsir motor Kawasaki Ninja 150R milik TGB yang sejatinya adalah motor harian. Kedepannya motor tersebut hanya akan menjadi motor hobby yang keluar untuk touring dan keperluan kopi darat dengan teman-teman komunitas.

Baca juga: Kawasaki Indonesia Stop Produksi Ninja 150 Tanggal 31 Juli 2015

Karena ini adalah motor kedua dan bertujuan untuk menunjang aktifitas sehari-hari maka faktor fungsionalitas menjadi hal yang utama. Selain alasan fungsionalitas tentu saja juga mempertimbangkan faktor teknologi dan juga kesamaan fitur yang dimiliki oleh Kawasaki Ninja 150R agar TGB mudah beradaptasi jika ingin berganti-ganti motor. Sendainya terdapat fitur yang lebih baik dari Kawasaki Ninja 150R anggap saja itu bonus.

Berikut kriteria TGB dalam membeli motor kedua:

1. Volume mesin 150cc.

Motor dengan mesin 150cc sudah terbukti tangguh, responsif, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Berikut daftar motor yang beredar di Indonesia dengan volume mesin 150cc:

Sport 150cc:

  • Honda All New Honda CB150R StreetFire
  • Honda CBR 150R
  • Honda New Honda MegaPro FI
  • Honda Verza 150
  • Kawasaki D-Tracker
  • Kawasaki KLX 150
  • Yamaha Byson
  • Yamaha New V-Ixion Advance
  • Yamaha R15

Moped 150cc:

  • Honda New Honda Sonic 150R
  • Suzuki New Satria FU150 R
  • Yamaha MX King 150

Matic 150cc:

  • Honda PCX 150
  • Honda Vario 150 eSP
  • Yamaha NMAX

Wah ternyata banyak ya motor ber-volume mesin 150cc. Tercatat ada 15 motor masuk kriteria tersebut.

2. Sistem bahan bakar fuel injection.

Faktor sistem bahan bakar fuel injection dianggap penting agar memudahkan TGB untuk menghidupkan mesin dan mempersingkat waktu pemanasan mesin. Karena every minute counts.

Motor berpengabut bahan bakar karburator harus di coret dalam daftar. Jadi di tahap ini dengan berat hati Suzuki New Satria FU150 R, Kawasaki D-Tracker dan Kawasaki KLX 150 harus tersingkir.

Dengan dicoretnya motor diatas maka dari 15 motor yang tersisa hanya tinggal 12 motor, yaitu:

Sport 150cc:

  • Honda All New Honda CB150R StreetFire
  • Honda CBR 150R
  • Honda New Honda MegaPro FI
  • Honda Verza 150
  • Yamaha Byson
  • Yamaha New V-Ixion Advance
  • Yamaha R15

Moped 150cc:

  • Honda New Honda Sonic 150R
  • Yamaha MX King 150

Matic 150cc:

  • Honda PCX 150
  • Honda Vario 150 eSP
  • Yamaha NMAX

3. Cukup berpendingin udara.

Dengan mesin berpendingin udara, Mas bro gak perlu mikirin biaya untuk perawatan radiator baik pemeriksaan maupun biaya untuk membeli radiator coolant sehingga biaya perawatan motor juga semakin hemat.

Dari 12 motor yang tersisa hanya tinggal 3 motor, yaitu:

  • Honda New Honda MegaPro FI,
  • Honda Verza 150 dan
  • Yamaha Byson.

4. Masa depan antara Honda New Honda MegaPro FI, Honda Verza 150 dan Yamaha Byson.

Nah sekarang data AISI yang berbicara… Jika kita berbicara tentang masa depan sebuah produk roda dua tentunya tidak lepas dari angka penjualan motor tersebut.

Jika kita melihat tabel dibawah angka penjualan Honda New Honda MegaPro FI dan Yamaha Byson dua-duanya balapan untuk menempati posisi paling buncit.

Menurut pengalaman, motor-motor yang menempati posisi paling buncit rawan untuk discontinue. Sebagai contoh Honda Tiger dan Honda CS-1

Oleh karena itu sangat tidak bijaksana seandainya TGB memilih Honda New Honda MegaPro FI dan Yamaha Byson.

Coba bandingkan dengan Honda Verza 150 yang berada di posisi ke dua. Jika melihat performa penjualan Honda Verza 150 yang banyak peminatnya rasanya umur motor tersebut cukup panjang untuk bertahan di pasar roda dua di Indonesia.

5. Fitur lebih baik dari yang dimiliki Kawasaki Ninja 150R.

Setiap produk mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Alasan Memilih Kawasaki Ninja 150 L di tahun 2013

Kelebihan Kawasaki Ninja 150R dari Honda Verza 150 adalah sebagai berikut:

  • Pengaplikasian setang jepit yang dapat memberikan sensasi balap.
  • Suspensi belakang sudah monoshock suspension.
  • Rem belakang sudah rem cakram twin port.
  • Liquid cooling system.
  • Engine stop switch.
  • Pass beam.

Melihat beberapa kelebihan diatas bukan berarti Honda Verza 150 tidak memiliki kelebihan.

Berikut 9 fitur di Honda Verza 150 yang tidak dimiliki oleh Kawasaki Ninja 150R:

5.1. Sistem Supply Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection).

5.2. Elektrik starter.

5.3. Secure key shutter.

5.4. Muffler sudah dilengkapi dengan pelindung panas.

5.5. Ban tubeless.

5.6. Back angle sensor.

Fitur yang mampu mematikan mesin motor ketika terjatuh secara otomatis.

5.7. Sprocket chain stopper.

Fitur yang mampu mencegah ban belakang terkunci ketika rantai belakang motor terputus.

5.8. Dashboard merupakan kombinasi antara digital dan analog.

Informasi mengenai odo meter, trip meter dan fuel meter disuguhkan dalam bentuk digital sehingga menampilkan informasi secara jelas dan mendetail. Asiknya speedometer penunjuk kecepatan masih mempertahankan mode jarum sehingga petunjuk kecepatan lebih mudah dibaca saat berkendara.

5.9. Automatic Headlight On (AHO)

Fitur dimana lampu tetap menyala sejak motor dihidupkan, tidak ada sakelar untuk mematikan lampu utama motor.

Oleh karena alasan tersebut diatas maka tidaklah berlebihan jika TGB memilih Honda Verza 150 sebagai tunggagan harian untuk menemani Kawasaki Ninja 150R yang sudah mengawal TGB sejak tahun 2013.

Semoga bermanfaat.

Top Posts

Pos ini dipublikasikan di Motorcycle dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Alasan Memilih Honda Verza 150 CW di Tahun 2015

  1. Ping balik: Test 2 Oli Samping Kawasaki Ninja 150 R… 1 Liter Tembus 540 km | The Green Blog

  2. Ping balik: Pengait Helm, Benda yang Paling Sering Ditanya Pengguna Honda Verza 150 | The Green Blog

  3. Ping balik: Review Sarung Tangan Motor GIVI Basix Riding Glove | The Green Blog

  4. Ping balik: Biaya Perawatan Berkala 1.000-km Honda Verza 150 Tahun 2015 | The Green Blog

  5. Ping balik: Biaya Perawatan Berkala Kawasaki Ninja 150 L Tahun 2013 Setelah 3 Tahun Pemakaian | The Green Blog

  6. Ping balik: Modifikasi Honda Verza 150 CW dengan Ubahan Pada Handle Bar | The Green Blog

  7. Ping balik: Jurus Korek Mesin Ninja 150cc untuk Drag 201 Meter | The Green Blog

  8. Ping balik: Modifikasi Honda Verza 150 CW dengan Ubahan Pada Pedal Pengoperan Gigi | The Green Blog

  9. Ping balik: Modifikasi Suzuki Satria FU Jadi Motor Trail | The Green Blog

  10. Ping balik: Keunggulan SOHC 4 Klep Di Mesin Yamaha | The Green Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s