Keunggulan DOHC 4 Klep di Mesin Honda

Hallo mas bro dan mbak sis..

Bila sebelumnya TGB membahas sedikit tentang keunggulan SOHC 4 Klep di mesin Yamaha, sekarang TGB ingin membhasa sedikit tentang kenggulan DOHC 4 Klep di mesin 150cc Honda. Seperti yang kita tahu untuk kelas 150cc Honda telah membenamkan mesin yang serupa untuk kelas sport dan ayam jago mereka. Dimana ada All New CBR150R, New CB150SF dan Sonic 150R.

Pertama mari kita lihat dulu pengertian dari DOHC.

DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, adalah Camshaft yang mempunyai Over Head double atau lebih jelasnya yaitu mesin yang dalam satu piston mempunyai dua camshaft. Dan pada mesin Honda yang mempunyai empat klep, dimana dua klep untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang (menuju knalpot).

Selanjutnya TGB akan mencoba menjelaskan secara singkat mekanisme cara Kerja DOHC.

Langkah pertama piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.

Selanjutnya piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi titik mati atas, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi pada mesin bensin berupa nyala busi.

Dan gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari titik mati atas ke titik mati bawah. Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga.

Proses terakhir yaitu piston bergerak dari titik mati bawah dan titik mati atas, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.

sumber : HondaJatim

Bila selama ini diyakini keunggulan DOHC 4 klep Honda terletak pada tenaga puncak namun lemah di tenaga awal alias akselerasi, namun pada mesin DOHC 4 Klep 150cc generasi yang sekarang telah dilakukan perubahan.

Berikut perubahan yang dilakukan Honda pada sistem DOHC 4 Klep pada mesin 150cc.

MESIN OVERSQUARE

Kapasitas mesin 150cc Honda yang lama menggunakan konfigurasi bore x stroke : 63,5 mm x 47,2 mm, Honda lebih senang dengan istilah overbore untuk menyebut konfigurasi mesin ini. Sedangkan pada mesin generasi baru mereka menggunakan konfigurasi bore x stroke : 57,3 mm x 57,8 mm, atau lebih dikenal dengan istilah oversquare. Jadi kubikasinya mesin yang baru sedikit turun dibandingkan dengan mesin lama. jika mesin generasi lama mempunyai kubikasi mesin149,48 cc maka pada kubikasi mesin generasi terbaru mereka hanya 149,16 cc.

PENAMBAHAN ROCKER ARM

Pada generasi baru mesin 150cc Honda, sistem DOHC 4 Klep mereka telah ditambahkan rocker dan roller. Dengan begitu, gesekan di sistem penggerak klep jadi lebih kecil. Karena luas bidang gesekan menjadi berkurang 50% dibanding generasi sebelumnya. Dan dengan adanya tambahan roller, gesekan yang ditimbulkan akan semakin berkurang dan tentunya ini berdampak pada kinerja mesin yang semakin ringan.

Maka dengan perubahan ini Honda mencoba memperbaiki kelemahan mesin DOHC saat putaran RPM rendah dan juga untuk mengail akselerasi dan torsi yang lebih berlimpah.

Perubahan dari overbore menjadi oversquare dilakukan agar tenaga puncak lebih cepat diraih dari putaran RPM rendah sampai putaran RPM puncak. Mungkin dengan bahasa sederhananya, hentakan mesin lebih terasa mulai dari awal bukaan gas. Tidak perlu menunggu RPM tinggi untuk merasakan spontanitas mesin.

Dengan penambahan rocker dan roller arm, kurangnya gesekan akan membuat mesin lebih awet. Kekurangan DOHC yang berat saat putaran RPM rendah telah diakali insinyur Honda dengan rocker dan roller ini.

Perubahan mekanisme dan penambahan fitur pada DOHC 4 klep di mesin 150cc Honda generasi terbaru ini merupakan langkah cerdik insinyur Honda. Agar bisa mendapatkan akselerasi yang lebih baik, penyaluran tenaga yang merata untuk semua rentang putaran RPM dan minim gesekan juga ditujukan kepada efisiensi bahan bakar saat RPM rendah. Tentu untuk tenaga dan kecepatan puncak tidak perlu diragukan untuk motor yang menganut mekanisme DOHC.

Kesimpulan TGB, mesin DOHC 4 Klep 150cc ini merupakan paket lengkap dari Honda.

Semoga bermanfaat.

Top Posts

Pos ini dipublikasikan di Motorcycle dan tag , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Keunggulan DOHC 4 Klep di Mesin Honda

  1. Ping balik: Kenapa Memilih Rantai? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Belt dan Shaft Drive | The Green Blog

  2. Ping balik: Pajak Kawasaki Ninja 150R Tahun 2013 Wilayah DKI Jakarta di Tahun 2016 | The Green Blog

  3. Ping balik: Keren Mana All New CBR150R Repsol Atau All New CBR150R Red Yang Sudah Dilengkapi Honda Genuine Accessories? | The Green Blog

  4. Ping balik: All New Supra GTR 150 Makin Gagah Dengan Honda Genuine Accessories | The Green Blog

  5. Ping balik: Biaya Perawatan Berkala Honda Verza 150 Tahun 2015 Setelah 8 Bulan Pemakaian | The Green Blog

  6. Ping balik: Biaya Perawatan Berkala Honda Verza 150 Tahun 2015 Setelah 1 Tahun Pemakaian | The Green Blog

  7. Ping balik: Biaya Pajak Honda Verza 150 Wilayah Batam di Tahun Pertama | The Green Blog

  8. Ping balik: Ini Yang Bisa Kita Lakukan dengan GoPro Standard Mount | The Green Blog

  9. Ping balik: Honda Verza 150 CW Makin Keren dengan Honda Genuine Accessories | The Green Blog

  10. Ping balik: Plat Nomor Jadi Rapi dengan Cover Resmi Honda | The Green Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s