Hallo Mas bro dan Mbak sis…
Masih ingat dengan artikel sebelumnya tentang biaya perawatan berkala Kawasaki Ninja 150 L tahun 2013 setelah 3 tahun pemakaian?
Diartikel tersebut, TGB membeli setang Kawasaki Ninja 150 M seharga Rp 90.000.
Masih diartikel tersebut, TGB juga menyebutkan bahwa pembelian setang Kawasaki Ninja 150 M adalah untuk keperluan lain.
Keperluannya apa?
Nah ini dia… sesuai judul diatas yaitu… modifikasi Honda Verza 150 CW dengan ubahan pada handle bar.
Sebenernya TGB tidak suka dengan urusan modifikasi. Terbukti dari semua kendaraan yang TGB miliki baik mobil dan motor semua dalam keadaan standard pabrik.
Lalu apa alasan TGB memodifikasi Honda Verza 150 CW?
Alasannya sederhana yaitu agar masih dapat feel riding Kawasaki Ninja 150 R. Karena dengan kehadiran Honda Verza 150 CW lima bulan lalu sebagai kendaraan harian, otomatis Kawasaki Ninja 150 R hanya dipakai saat kopdar dengan rekan-rekan club NBC. Dimana kesempatan itu terjadi hanya diakhir pekan saja.
Gonta-ganti riding position membuat TGB selalu membutuhkan penyesuaian. Walaupun tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi, tetap saja yang namanya penyesuaian membutuhkan proses. Hal itulah yang membuat TGB malas dan berpikir bagaimana caranya agar masih mendapatkan feel mengendarai Kawasaki Ninja 150 R walaupun motornya Honda Verza 150 CW.
Hal pertama yang terpikir untuk mendapat sentuhan adalah sektor handle bar. Sedangkan yang kedua adalah sektor sift pedal assy.
Untuk mewujudkan keinginan tersebut, saat TGB melakukan perawatan berkala Kawasaki Ninja 150 L tanggal 5 Maret 2016, TGB tidak lupa menanyakan setang Kawasaki Ninja 150 M apakah ready stock atau tidak.
Saat kasir mengatakan handle Kawasaki Ninja 150 M dengan kode 46003 – 1444 tersedia, Tanpa pikir panjang TGB langsung order karena dengar-dengar part tersebut cukup langka apalagi sekarang Kawasaki Ninja 150 sudah stop produksi.
Wah tambah susah untuk memiliki part tersebut.
Setelah 19 hari part tersebut nongkrong di rumah, Akhirnya tanggal 24 Maret 2016 TGB memiliki kesempatan untuk membawa part tersebut beserta motornya ke salah satu bengkel modifikasi di Jl. Laksamana Bintan, Kota Batam.
Setelah setang Honda Verza 150 CW dilepas dan sebelum setang Kawasaki Ninja 150 M dipasang, TGB sempat mengabadikannya. Untuk membuktikan seberapa jauh perbedaan kedua setang tersebut.
Bagaimana? Jauh sekali perbedaannya bukan?
Untuk memasang setang original Kawasaki Ninja 150 M ke Honda Verza 150 CW membutuhkan part lain yaitu raiser.
Tanpa raiser, Grip akan mentok ke tangki bensin Honda Verza 150 CW yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 12,2 liter yang lebih besar sekitar 1,4 liter dibandingkan dengan kapasitas tangki bahan bakar Kawasaki Ninja 150 yang hanya sebesar 10,8 liter.
Untuk raiser, TGB memilih brand Termignoni yang TGB tebus dengan harga Rp 100.000.
Sebenarnya TGB diberikan tiga pilihan raiser. TGB memilih brand Termignoni karena motor pemilik bengkel modifikasi juga memakai raiser brand tersebut untuk memodifikasi Yamaha New Vixion Advance-nya.
Pemilik bengkel modifikasi tentunya tahu persis barang yang berkualitas. Apalagi untuk dipasang dimotornya sendiri.
Ya sudah… tidak perlu riset lebih jauh… hal itu sudah membuat TGB nyaman untuk memilih brand Termignoni untuk raiser.
Setang original Kawasaki Ninja 150 M sudah ada bolongan tempat rumah saklar lampu jauh, klakson dan lampu sign. Jadi tanpa perlu di bor lagi rumah saklar tersebut sudah dapat dipasang dengan rapi.
Untuk rumah saklar electric starter tidak bisa memakai bolongan yang ada karena akan mentok ke tangki bahan bakar. Jadi mekanik harus membuat bolongan baru agar rumah saklar electric starter dapat terpasang dengan rapi.
Bayangkan saja… sudah pakai raiser saja masih mentok ke tangki bahan bakar apalagi tidak menggunakan raiser… walaupun setang bisa terpasang… resikonya motor tidak dapat belok maksimal dan itu sangat berbahaya seandainya terjadi sesuatu di jalan raya.
Selain itu yang tidak kalah penting, seandainya setang tidak dapat ditekuk maksimal, setang tidak dapat dikunci dan itu sangat berbahaya saat kita parkir.
Total biaya untuk modifikasi Honda Verza 150 CW dengan ubahan pada handle bar adalah Rp 230.000 dengan rincian sebagai berikut:
- Handle Kawasaki Ninja 150 M dengan kode 46003 – 1444 Rp 90.000
- Raiser merek Termignoni Rp 100.000
- Ongkos pasang Rp 40.000
Semoga bermanfaat.
Top Posts
- Biaya Perawatan Berkala Kawasaki Ninja 150 L Tahun 2013 Setelah 3 Tahun Pemakaian
- Biaya Perawatan Berkala 1.000-km Honda Verza 150 Tahun 2015
- Review Sarung Tangan Motor GIVI Basix Riding Glove
- Pengait Helm, Benda yang Paling Sering Ditanya Pengguna Honda Verza 150
- Test 2 Oli Samping Kawasaki Ninja 150 R… 1 Liter Tembus 540 km
- Alasan Memilih Honda Verza 150 CW di Tahun 2015
- Kalau Saja Batok Lampu dan Stang MX King Seperti Ini Pasti Terlihat Lebih Sporty
- Komparasi Fisik Honda All New CBR150R dengan Honda All New CBR250R
- Test 1 Oli Samping Kawasaki Ninja 150 R… 1 Liter Tembus 700an km
- Kawasaki Indonesia Stop Produksi Ninja 150 Tanggal 31 Juli 2015
Ping balik: Jurus Korek Mesin Ninja 150cc untuk Drag 201 Meter | The Green Blog
Ping balik: Modifikasi Honda Verza 150 CW dengan Ubahan Pada Pedal Pengoperan Gigi | The Green Blog
Ping balik: Modifikasi Suzuki Satria FU Jadi Motor Trail | The Green Blog
Ping balik: Keunggulan SOHC 4 Klep Di Mesin Yamaha | The Green Blog
Ping balik: Keunggulan DOHC 4 Klep Di Mesin Honda | The Green Blog
Ping balik: Kenapa Memilih Rantai? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Belt dan Shaft Drive | The Green Blog
Ping balik: Pajak Kawasaki Ninja 150R Tahun 2013 Wilayah DKI Jakarta di Tahun 2016 | The Green Blog
Ping balik: Keren Mana All New CBR150R Repsol Atau All New CBR150R Red Yang Sudah Dilengkapi Honda Genuine Accessories? | The Green Blog
Ping balik: All New Supra GTR 150 Makin Gagah Dengan Honda Genuine Accessories | The Green Blog
Ping balik: Biaya Perawatan Berkala Honda Verza 150 Tahun 2015 Setelah 8 Bulan Pemakaian | The Green Blog