Performance Maximal dengan Teknologi VVA

Hallo guys, Beberepa waktu yang lalu TGB pernah posting video di YouTube terkait lima hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli motor. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan adalah, Motor itu harus efisien, bertenaga dan handal.

Kenapa harus bertenaga? Karena kalian tau sendiri, Jalanan di Jakarta banyak banget fly over dan terowongan. TGB aja, Setiap hari ke kantor dari Duren Sawit sampai Cideng, Harus melewati 10 tanjakan, Yang terdiri dari 7 fly over dan 3 terowongan.

Bisa kebayang khan kalau naik motor yang tenaganya kurang. Selama di perjalanan bisa bad mood terus!

Tarikan mantap di motor didapat dari teknologi yang mendukung agar tenaga dan torsi dapat keluar maksimum di setiap putaran mesin tapi tetap efisien bahan bakar.

Di motor Yamaha, Teknologi tersebut dinamakan VVA kependekan dari Variable Valve Actuation. Sesuai artinya, Ada settingan di katup yang membuat mesin ber VVA begitu powerful dan efisien.

Dalam sistem VVA, Kem yang digunakan memiliki dua profil. Satu profil kem untuk memfokuskan tenaga di putaran bawah dan satu profil kem lagi untuk membuat tenaga atas motor lebih joss. Tujuannya untuk mendapatkan performa yang baik di semua putaran mesin.

Dengan satu profil kem, Biasanya akan ada yang dikorbankan. Kalau bawahnya enak atasnya kurang bertenaga, Begitu juga sebaliknya.

Dengan VVA yang memiliki dua profil kem, Atas-bawah selalu bertenaga.

Sederhananya, Saat motor berjalan di bawah putaran mesin 6.000 RPM, Maka profil kem isap satu yang ditujukan untuk putaran mesin rendah akan bekerja.

Nah, Ketika mesin digeber melebihi 6.000 RPM, Maka secara otomatis selenoid akan diperintahkan ECU untuk mendorong rocker arm isap, Pindah ke profil kem lebih tinggi.

Begitupun saat deselerasi, Saat putaran mesin kurang dari 6.000 RPM otomatis dorongan selenoid actuator akan berhenti, Sehingga mesin bekerja di profil kem yang lebih rendah lagi.

Teknologi Blue Core inilah yang bikin mesin lebih efisien BBM, Tenaga terus mengisi di setiap putaran mesin dan handal diajak ngebut maupun stop and go.

Sampai jumpa di video selanjutnya. See you.

Pos ini dipublikasikan di Motorcycle. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s